Forgot Password Register

Adryanto Pranoto Tepis Adanya Intervensi Label Musik Major Terhadap Musisi

 Adryanto Pranoto (Foto: Pantau.com/Dini Afrianti Efendi) Adryanto Pranoto (Foto: Pantau.com/Dini Afrianti Efendi)

Pantau.com - Banyak musisi indie yang mengaku 'ogah' masuk dapur rekaman label major lantaran harus dihadapkan pada 'karakter' dan ciri khas musik yang sering dintervensi.

Baca juga: IdeaFest 2018 Suguhkan Narasumber Ternama

Namun selaku produser musik Adryanto Pranoto, membantah pernyataan tersebut, sering kali musisi salah paham, sebab apa yang dilakukan label tentang bagaimana musik bisa dikenal luas publik.

"Iya dan tidak sih, kalau soal mungkin treatmentnya pasti akan berbeda mungkin (cara kerja) akan lebih cepat harus terpaksa dia interview sama media-media mainstream juga," ujar Adryanto di Pacific Place, Sudirman, Jakarta Selatan, Selasa (9/10/2018).

Tetapi kalau soal 'rasa' dan jenis musik kebanyakan produser yang diamati Adryanto, sudah tidak lagi menganggu jenis dan 'karakter' musik yang dimiliki musisi, yang terkadang itu jadi ciri khas dan nilai jual. Hal itu pula yang diterapkan Adryanto di label 'Juni Records' yang baru didirikannya bersama Raisa tahun lalu.

"Tapi kalau soal taste menurut saya banyak produser label-label diluar sana yang masih percaya sama taste-nya musisi, jadi enggak melulu soal selling out, kayak jaman dulu kita yang jejalin," tuturnya.

"Tapi orang masih mencari sendiri by playlist by mood segala macem di menchand, jadi menurut saya udah enggak zamannya lagi intervensinya sampe ke dalam (musik)," sambungnya.

Meski begitu, Adryanto juga tak menampik jika dalam merilis single dirinya harus terlebih dahulu melihat tren, karena menurutnya jadi hal wajar produser memikirkan sisi bisnis yang dapat memberikan keuntungan, tentu tanpa menyampingkan keinginan sang artis.

Baca juga: Konsisten di Jalur Indie, Fiersa Besari 5 Kali Tolak Tawaran Major Label

"Kalau saya pasti fair sama artis saya, atau sama team saya oke bisnis plan nya seperti ini apa yang harus kita lakukan dari artisnya apa yang harus kita lakukan, mau dilakukan apa nanti kita harus strech," tukasnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More