Forgot Password Register

Artis Caleg Nasdem Harus Punya Elektabilitas Tinggi

 Artis Caleg Nasdem Harus Punya Elektabilitas Tinggi Ketum Partai Nasdem Surya Paloh (Foto: Instagram / official_nasdem)

Pantau.com - Partai NasDem dihuni oleh sejumlah publik figur dan selebritas dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun 2019, diantaranya, presenter M Farhan, penyanyi Conny Dio dan pemain sinetron, Syahrul Gunawan.

Adapun politisi berlatar belakang artis yang berpindah haluan ke NasDem adalah Lucky Hakim yang merupakan anggota DPR RI dari PAN dan presenter Wanda Hamidah yang berpindah haluan dari PAN.

Namun, Partai NasDem menegaskan jika akan memilih calon legislatif (caleg) yang memiliki elektabilitas tertinggi di daerah pemilihannya (dapil).

"Caleg yang memiliki basis kualitatif yang mencerminkan modal sosial dan politik serta direkomendasikan oleh tokoh setempat yang akan dipilih oleh NasDem," kata Ketua DPP Bidang Media dan Komunikasi Publik Partai NasDem, Willy Aditya, di Jakarta, Kamis (3/5/2018).

Baca juga: Surya Paloh Sebut Isu SARA Makin Marak Jelang Pilpres 2019

Menurut dia, ada beberapa kriteria untuk caleg, tapi yang paling utama tentunya elektabilitas caleg di dapil yang dipilih.

"Sebelum memilih caleg, NasDem melakukan survei dapil," kata Willy.

Willy menjelaskan, pihaknya tidak melakukan seleksi seperti ujian administrasi, namun dalam proses masa bacaleg pihaknya melakukann survei menjelang penetapan Daftar Caleg Sementara (DCS).

Hingga saat ini, kata dia, kuota bacaleg DPR RI dari NasDem mencapai 150 persen. Bacaleg ini berasal dari proses rekrutmen terbuka yang dilakukan di semua level legislatif "Target kursi NasDem di DPR RI berdasarkan hasil Rakorsus Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) NasDem tahun 2016 sebanyak 100 kursi. Kami optimistis target tersebut dapat tercapai," tuturnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More