Forgot Password Register

Hore! LPS Naikkan Bunga Penjaminan 0,25 Persen

Ketua Dewan Komisioner LPS Halim Alamsyah (Foto:LPS) Ketua Dewan Komisioner LPS Halim Alamsyah (Foto:LPS)

Pantau.com - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menaikkan tingkat bunga penjaminan simpanan perbankan sebesar 0,25 persen menjadi enam persen untuk dana rupiah di Bank Umum dan 8,5 persen untuk dana rupiah di Bank Perkreditan Rakyat.

LPS juga menaikkan suku bunga simpanan untuk dana valuta asing dengan dosis yang lebih besar yakni 0,5 persen menjadi 1,25 persen di bank umum.

"Kami tetapkan naik karena tren suku bunga simpanan yang mulai menunjukkan kenaikan, dan berpotensi untuk meningkat, merespon kenaikan suku bunga kebijakan moneter," kata Halim Alamsyah, Ketua Dewan Komisioner LPS  di Jakarta, Rabu (6/6/2018).

Baca juga: Menilik Pewaris Gurita Bisnis Chairul Tanjung

Tingkat bunga penjaminan yang ditetapkan LPS itu mulai berlaku Rabu ini, 6 Juni, hingga 17 September 2018. Halim mengatakan kenaikan suku bunga penjaminan ini merespon kenaikan suku bunga acuan BI 7-Day Reverse Repo Rate sebesar 25 basis poin sebanyak dua kali pada Mei 2018 ini.

"Kondisi dan risiko likuiditas terjaga meskipun terdapat tendensi meninkat," ujarnya.

Halim menjamin LPS akan bersiaga untuk melakukan penyesuaian kembali suku bunga penjaminan, sesuai perkembangan data tingkat bunga simpanan dan tekanan terhadap stabilitas ekonomi. 

Baca juga: Bukan Qatar, Ternyata Ini Negara Terkaya di Dunia

LPS bisa saja melakukan penyesuaian tingkat bunga penjaminan melebihi ketentuan tiga kali dalam setiap tahun, jika terjadi perubahan signifikan dalam kondisi perekonomian.

"LPS akan terus melakukan penyesuaian yang diperlukan terhadap kebijakan tingkat bunga penjaminan sesuai dengan perkembangan terkini," pungkasnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More