Forgot Password Register

18 Tahun Memimpin, Angela Merkel Undur Diri dari Partai Berkuasa Jerman

18 Tahun Memimpin, Angela Merkel Undur Diri dari Partai Berkuasa Jerman Pidato perpisahan Angela Merkel yang telah menjadi pemimpin Partai Demokrat Kristen Jerman selama 18 tahun. (Foto: Reuters/Fabian Bimmer)

Pantau.com - Partai Demokrat Kristen Jerman mengucapkan terima kasih yang besar untuk Angela Merkel, pemimpin mereka selama 18 tahun, dengan kata-kata yang hangat, tepuk tangan pada Jumat (7 Desember 2018).

Merkel merupakan seorang Lutheran yang dibesarkan di bekas Komunis Timur di mana ia kemudian pindah ketika masih bayi, dan selalu menjadi orang yang mendominasi di antara laki-laki di partainya, Partai Katolik, dan tercatat telah memenangkan empat pemilihan dan tidak kehilangan anggota CDU-nya.

Dalam perpisahan tersebut, kartu yang berwarna orange dilambaikan dengan slogan 'terima kasih bos', kemudian delegasi bersorak menyambut Merkel yang tengah berjalan ke panggung di pusat konferensi di Hamburg.

Baca juga: 1 Jam Penerbangan, Pesawat Kanselir Jerman Angela Merkel Alami Masalah saat Bertolak ke KTT G20

"Kami memiliki tahun yang sangat sukses dengan Angela Merkel. Ia telah membawa kita selama bertahun-tahun dalam pemerintah dan itu merupakan tujuan dari sebuah partai dan kami memerlukan dia sebagai Rektor," kata Wakil Pemimpin Partai Julia Kloeckner, seperti dikutip Reuters, Sabtu (8/12/2018).

Sebagai Rektor dari perekonomian terbesar di Eropa sejak tahun 2005, Merkel telah menjadi pemimpin yang paling berpengaruh di Uni Eropa melalui zona euro dan krisis migran. Majalah Forbes berulang kali menyebutnya sebagai wanita yang paling kuat di dunia.

Baca juga: Kanselir Jerman Angela Merkel Desak Pembentukan Tentara Uni Eropa

Merkel berencana untuk tetap tinggal sebagai Kanselir hingga pemilihan federal berikutnya di Oktober 2021. Annegret Kramp-Karrenbauer dijuliki sebagai mini-Merkel, sebagai penggantinya yang mungkin akan membuat skenario yang sama.

Pada saat yang sama, Merkel yang juga seorang fisikawan terlihat berkaca-kaca ketika ia memberikan pidato akhinya sebagai pemimpin partai diikuti dengan tepuk tangan oleh para delegasinya selama pidatonya yang berjalan 10 menit.

"Ini telah menjadi kesenangan yang sangat besar untuk saya, suatu kehormatan," ucapnya.


Share :
Komentar :

Terkait

Read More