Forgot Password Register

41 Masjid Jakarta Terpapar Paham Radikal, Jimly: Enggak Usah Baper

41 Masjid Jakarta Terpapar Paham Radikal, Jimly: Enggak Usah Baper Ketua Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jimly Asshiddiqie (Foto: pantau.com/ dini afrianti effendi)

Pantau.com - Ketua Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jimly Asshiddiqie menyampaikan pandangannya terkait isu 41 masjid di Jakarta yang terpapar paham radikal. Jimly mengimbau masyarakat untuk tidak panik, karena angka tersebut masih terbilang sedikit.

"Masjid kan hampir 1 juta. Jadi kalau cuma 41 dikit banget. Kita pun mendengar data seperti itu enggak usah baper aja, biasa saja, kita benahi saja," ujar Jimly di Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (11/7/2018).

Baca juga: Pengamat: Koalisi Umat Bakal Goyah Jika Ma'ruf Amin Jadi Cawapres

Menurut Jimly, kemungkinan tersebut (masjid terpapar paham radikal) sangat mungkin terjadi mengingat tipikal masjid di Indonesia cenderung bebas, siapa saja bisa masuk, karena pengelolaannya dilakukan secara swadaya oleh masyarakat.

"Ada fakta dimana masjid itu bebas, enggak kaya di Malaysia kan di bawah kerajaan semua, atau kaya di Saudi. Kita kan enggak, masjid dikelola umat masing-masing," terang Jimly.

Jimly menambahkan masyarakat tidak perlu berpikir rumit, cukup dengan kembali meluruskan kegiatan masjid-masjid sebagaimana mestinya.

Baca juga: Airlangga Bertemu SBY, PDIP Enggan Suudzon

"Jadi seandainya ada yang terpapar itu, kita betulin aja, enggak usah gitu (heboh atau baper), itu sedikit sekali, enggak apa-apa itu, kita harus melakukan pembenahan, karena urusan terorisme itu urusan nyawa, jangan kita tersinggung lah. Enggak usah mudah baper," tuturnya.

Mantan anggota Wantimpres ini meminta pejabat pemerintah untuk berhati-hati dalam berbicara dan menyampaikan informasi, agar tidak menimbulkan gejolak di masyarakat.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More