Forgot Password Register

5 Anak Masih Terjebak di Gua Tham Luang Thailand

Proses evakuasi remaja terjebak di Gua Tham Luang Thailand. (Foto: Reuters) Proses evakuasi remaja terjebak di Gua Tham Luang Thailand. (Foto: Reuters)

Pantau.com - Delapan remaja laki-laki yang diselamatkan dari Gua Tham Luang Thailand dalam keadaan sehat dan beberapa meminta roti cokelat untuk sarapan. Sementara lima lainnya masih dalam proses evakuasi.

"Pada saat ini, tidak ada keadaan mengkhawatirkan. Semua orang aman," kata Jesada Chokdamrongsuk, sekretaris tetap kementerian kesehatan Thailand, kepada wartawan.

Dua remaja laki-laki diduga mengalami infeksi paru-paru, tapi empat lagi dari kelompok pertama, yang diselamatkan, nampak sehat. "Anak-anak tersebut adalah pemain sepak bola, yang kuat dan memiliki kekebalan tinggi," kata Jesada ketika ditanya mengapa mereka bertahan begitu lama.

Baca juga: Tim Penyelamat Berhasil Selamatkan 7 Anak dari Gua Tham Luang Thailand

Anak-anak tersebut memiliki nafsu makan baik, tetapi kebanyakan diberi makanan hambar dan mudah dicerna. Namun, dokter kemudian mengalah setelah beberapa meminta roti dengan pugasan cokelat.

Mereka masih dikarantina dari orangtua mereka karena risiko infeksi dan kemungkinan dirawat di rumah sakit seminggu untuk menjalani tes, kata pejabat.

Empat remaja lain dibawa dengan tandu di luar gua Tham Luang di perbatasan Myanmar pada Senin petang, menjadikan delapan orang dikeluarkan sejauh ini setelah dua kali penyelamatan berturut-turut.

Kepala operasi, Narongsak Osottanakorn, mengatakan operasi terakhir akan "lebih menantang" karena satu lagi penyintas akan dibawa keluar dari dua operasi sebelumnya, bersama dengan tiga anggota Angkatan Laut SEAL yang telah menemani mereka.

Baca juga: Pintu Pengaman Patah, Penelitian Penyelam Ini Bakal Berakhir di Gigitan Hiu

Penyelamat belajar dari pengalaman dan mereka bekerja dua jam lebih cepat dalam membawa yang selamat dari gelombang kedua, yang keluar pada Senin. Namun, hujan musiman, yang deras terus menerus, mengancam merembes melalui dinding gua batu kapur, yang membanjiri terowongan.

"Saya harap hari ini kita akan lebih cepat atau dengan kecepatan yang sama seperti kemarin," kata Narongsak.

Regu ahli penyelam asing dan SEAL Angkatan Laut Thailand memandu anak-anak itu selama sembilan jam operasi melalui hampir empat kilometer saluran, yang kadang terendam, gelap gulita, dari tempat mereka terperangkap selama lebih dari dua minggu.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More