Forgot Password Register

5 Cara Efektif Tingkatkan Daya Ingat

5 Cara Efektif Tingkatkan Daya Ingat Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Apakah kamu termasuk orang yang mudah lupa? Terkadang kondisi tersebut bisa sangat menjengkelkan bahkan bisa berakibat fatal. Namun bagi kamu yang mudah lupa, tidak ada salahnya untuk melakukan 5 hal ini untuk meningkatkan daya ingat, seperti dilansir dari theguardian.com.

1. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup dan nyenyak dapat membantu memperkuat memori episodik (yaitu suatu sistem memori neurokognitif yang memungkinkan seseorang mengingat peristiwa masa lalunya) yang berkaitan dengan waktu dan tempat. 

Baca juga: Atasi Tubuh yang Melebar Usai Lebaran dengan Diet Detoks

Ada bukti nyata yang menyatakan jika tidur REM memainkan peranan penting dalam memperkuat daya ingat berkaitan dengan mempelajari keterampilan motorik, seperti mempelajari instrumen musik atau belajar naik sepeda. Tidur malam berkualitas setelah mempelajari skill baru di siang harinya, membantu proses mengingat hal-hal yag telah dipelajari sebelumnya dengan baik.

2. Rileks

Stres dapat mempengaruhi daya ingat seseorang dengan cara yang berbeda-beda tergantung bagaimana peristiwa yang menimbulkan stres itu terjadi. Pelepasan adrenalin secara cepat sebagai bagian dari bentuk “fight-or-flight” respon atau reaksi fisiologis maupun psikologis kita pada saat stres terjadi dapat membuat kita lebih memperhatikan sekitar, tetapi pelepasan lebih lambat dari hormon kortisol mengganggu pembentukan memori. 

Peristiwa yang dapat menimbulkan stres jika terjadi sebelum adanya upaya dalam membentuk suatu ingatan dapat merusak kemampuan daya ingat, sebaliknya jika peristiwa itu terjadi sesaat sebelum atau setelah mempelajari hal baru maka dapat meningkatkan daya ingat. Melakukan yoga, meditasi dan teknik relaksasi lainnya dapat membantu meningkatkan daya ingat otak.

3. Terus belajar

Ada sebuah ungkapan yang mengatakan “train your brain, use it or lose it” (latih otakmu, gunakan, atau kalau tidak ia akan hilang), para lansia sering diingatkan akan konsep dari ungkapan tersebut untuk mempertahankan fungsi kognitif mereka. 

Baca juga: Tips Mudah Bikin Anak Suka Makan Buah dan Sayur

Penelitian menunjukkan jika hanya jenis kegiatan mental tertentu saja yang dapat membantu mempertahankan fungsi kognitif pada lansia jika berkaitan dengan memori. Dalam sebuah studi tahun 2013, peneliti Amerika Serikat menemukan partisipan berusia 60-90 tahun yang menghabiskan 15 jam permingggu selama tiga bulan mempelajari kemampuan atau skill kompleks, seperti fotografi digital, para lansia ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam tes episodik memori.

4. Bersosialisasi

Memiliki kehidupan sosial yang aktif dapat menunda penurunan daya ingat otak seiring kita menua. Mempunyai teman baik, melakukan kegiatan sukarela untuk amal maupun bentuk-bentuk keterlibatan kegiatan sosial lainnya dapat membantu otak kamu tetap tajam, karena berinteraksi dengan teman-teman dapat menstimulasi kinerja otak.

5. Diet sehat

Apa yang kita makan atau konsumsi, bagaimanapun juga dapat berefek pada fungsi kognitif. Sebuah review penelitian tahun 2016 menemukan jika pola makan ala Mediterania ada kaitannya dengan penurunan fungsi kognitif yang lebih lambat. Untuk itu kamu perlu menyediakan makanan nabati, mengurangi konsumsi daging merah dan susu, dan gunakan minyak zaitun sebagai sumber utama lemak.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More