Forgot Password Register

5 Cara Tak Terduga Ini Ampuh Buat Kamu Cepat Tidur

Ilustrasi (Foto: Pixabay) Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Tubuh sudah merasa lelah, namun kantuk tak kunjung datang. Mungkin situasi ini pernah dialami sebagian besar orang.

Hal ini tentu membuat frustasi, apalagi kurangnya tidur, khususnya di malam hari, akan memengaruhi produktifitas dan 'mood' di keesokan harinya.

Namun tak perlu khawatir, karena dengan melakukan beberapa langkah di bawah ini kamu bisa mendapatkan tidur lebih cepat.

1. Konsumsi makanan manis

Stres adalah faktor utama yang menghambat tidur. Sedangkan senyawa aktif seperti tebu dapat mengurangi stres. Senyawa aktif ini disebut sebagai octacosanol.

Otacosanol dapat digunakan sebagai terapi efektif untuk orang yang menderita insomnia akibat stres. Senyawa ini juga ditemukan pada makanan lain, termasuk kulit padi, biji gandum, dan lilin lebah.

Baca juga: Lakukan Hal Ini Jika Ingin Tidur Nyenyak

2. Minum susu

Susu hangat sebelum tidur merupakan resep yang dipercaya turun temurun untuk membuat tidur lebih nyenyak.

Susu mengandung protein α-laktalbumin. Protein ini mengandung triptofan asam amino dalam jumlah tinggi, yang menghasilkan melatonin, hormon yang menginduksi tidur.

3. Benamkan wajah ke air dingin

Salah satu cara untuk mendatangkan kantuk adalah dengan membenamkan wajah dalam air dingin selama beberapa saat.

Menenggelamkan wajah dalam air dingin akan memicu fenomena paksa yang disebut dengan dive reflex. Cara ini akan menurunkan denyut jantung dan tekanan darah, yang berarti sistem sarafmu sedang diatur ulang untuk menenangkan tubuh. Trik ini cocok dilakukan jika kamu merasa cemas atau tertekan menjelang tidur.

4. Gunakan pendingin ruangan

Riset menemukan bahwa tidur dengan suhu dingin dapat membuat tidur Anda lebih nyenyak. Ini membantu menurunkan suhu inti tubuh Anda dan memicu proses yang membuat Anda tertidur.

Baca juga: Kenali Kepribadianmu dari Posisi Tidur

5. Sembunyikan jam

Cobalah untuk menyembunyikan jam ataupun ponsel kamu dan fokuslah untuk pergi tidur. Terus-menerus memeriksa waktu hanya akan meningkatkan stres sehingga sulit untuk menghambat sistem saraf yang mengatur tidurmu.

Kecenderungan lainnya, menatap jam selama kamu sedang berusaha tidur justru membuatmu semakin kuatir dan takut kamu tidak akan tertidur.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More