Forgot Password Register

5 Fakta Keliru Soal Penularan Virus HIV/AIDS

Ilustrasi (Foto: Pixabay) Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - HIV/AIDS menjadi salah satu penyakit mematikan yang menjadi momok setiap orang. Banyak yang percaya bahwa penularan virus HIV bisa terjadi lewat beberapa cara, hal itu membuat para penderita AIDS kerap dikucilkan dari masyarakat.

Baca juga: Awas Bahaya Tidur dalam Keadaan Lampu Menyala

Dokter Adyana Esti, tenaga medis klinik Angsamerah Jakarta, membeberkan deretan informasi keliru mengenai penularan virus HIV.

1. HIV menular lewat penggunaan pisau cukur

Faktanya memakai pisau cukur bergantian dengan ODHA tidak akan menularkan virus. Sebab, virus mudah mati di udara bebas. 

2. HIV menular lewat penggunaan alat makan secara bergantian

Selain virus mudah mati di udara bebas, virus dalam air liur tidak memiliki jumlah yang cukup banyak untuk menularkan kepada orang lain.

3. HIV menular lewat ciuman

Banyak yang percaya kontak fisik seperti ciuman bisa menularkan virus HIV. Namun faktanya hal itu salah, virus HIV tinggal di sel T, salah satu bagian sel darah putih manusia. Sel ini ada di semua cairan tubuh manusia dalam jumlah yang berbeda. Paling banyak ada di dalam darah, kemudian cairan vagina, cairan semen atau mani serta ASI.

Baca juga: Canggih, Alat Ini Bisa Mendeteksi Seberapa Parah Bau Badanmu

Virus memang ada di air liur, air mata dan keringat tapi jumlahnya sangat sedikit sehingga tidak cukup untuk menularkan virus HIV.

4. HIV menular lewat jarum terinfeksi yang ditancapkan di kursi bioskop

Seperti penjelasan diatas, virus mudah mati di udara bebas dalam jangka waktu kurang dari satu menit. Tanpa inangnya, seperti darah, sperma, ASI dan cairan vagina, virus yang ada di udara bebas akan cepat mati.

5. HIV menular lewat pakaian bekas

HIV hanya bisa menular lewat darah, kemudian cairan vagina, cairan semen atau mani serta ASI. Penularannya bisa lewat jarum suntik yang tidak steril, hubungan seks bebas, dan pemberian ASI.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More