Pantau Flash
Menteri BUMN Pangkas Deputi Kementerian Jadi 3
Marquez Persembahkan Treble Crown untuk Lorenzo
Sesmenpora: Tidak Mungkin Indonesia Juara Umum Sea Games
Parah! Oknum Satpol PP Bobol Bank DKI Sejak Mei dengan Kerugian Rp32 Miliar
Indonesia Alami 3271 Kali Bencana Alam Selama Tahun 2019

5 Fakta Menarik Orang Kidal, Jadi Presiden hingga Astronot Misi Apollo

5 Fakta Menarik Orang Kidal, Jadi Presiden hingga Astronot Misi Apollo Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Di dunia ini terdapat 10 persen orang kidal yang mendiami bumi. Beberapa abad lalu, kidal dikaitkan dengan semua hal yang jahat.

Tetapi, kini penelitian justru telah membuktikan bahwa orang-orang kidal sama mahirnya dengan mereka yang menggunakan tangan kanan.

Apa Anda termasuk left-handed? Nggak perlu minder apalagi khawatir. Karena orang kidal memiliki keistimewaan tersendiri. Berikut fakta menarik orang kidal yang dirangkum Pantau.com dari berbagai sumber.

Baca juga: Infografis Keistimewaan yang Hanya Dimiliki Orang-orang Kidal

1. Presiden dan Astronot


Presiden AS Barack Obama. (Foto: Pixabay)

Beberapa Presiden Amerika Serikat diketahui juga merupakan seorang kidal, termasuk Barack Obama, Bill Clinton, dan Gerald R. Ford.

Selain menjadi orang nomor satu di AS, orang kidal juga menorehkan prestasi dalam eksplorasi ruang angkasa. Sekitar tujuh astronot dalam misi Apollo merupakan kidal. 

2. Unggul dalam Olahraga dan Game


Ilustrasi game. (Foto: Pixabay)

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Biology Letter, orang kidal ternyata memiliki keunggulan dibanding mereka yang menggunakan tangan kanan dalam bidang olahraga, salah satunya adlaah olahraga kriket, baseball, tenis meja dan sebagainya.

Selain unggul dalam bidang olahraga. Orang kidal juga ternyata memiliki keunggulan dalam bermain video game. Sebuah penelitian dalam Universitas Nasional Australia pada 2006 menemukan bahwa orang kidal memiliki rangsangan lebih besar dibandingkan rekan-rekan mereka dalam mengerjakan tugas maupun video game. 

3. Sifat Orang Kidal


Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Menurut penelitian dalam Journal Nervous and Mental Disease, orang kidal memiliki sifat yang sulit mengendalikan emosinya. Selain itu, orang kidal juga lebih mudah merasa malu dan lebih peka terhadap kritik-kritik, menurut studi dari Abertay University.

Baca juga: 5 Hotel Unik Tapi Menyeramkan, Cocok Buat Kamu yang Punya Nyali

4. Memiliki Keahlian Spasial


Ilustrasi bumi. (Pixabay)

Menurut studi yang diterbitkan dalam jurnal sains Cortex, peneliti mengungkapkan bahwa pria kidal memiliki memiliki keterampiran spasial yang lebih tinggi dari rekannya. Sedangkan untuk wanita kidal memiliki kemampuan spasial yang lebih rendah.

Keahlian spasial yang tinggi diartikan sebagai seseorang yang memiliki kekekuatan visualisasi yang lebih tinggi. Itu adalah kemampuan yang sangat bermanfaat dalam bidang seperti teknik astronomi dan meteorologi.

5. Rentan Stroke


Ilustrasi. (Pixabay)

Orang kidal dikatakan lebih terlindungi dari stroke yang parah, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Scientific Reports.

Peneliti otak postdoctoral di University of Queensland mengatakan sangat mungkin bahwa kidal melindungi dari efek stroke tertentu karena memiliki distrubusi yang lebih untuk fungsi-fungsi tertentu di otak. 

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - NPW
Category
Ragam