Pantau Flash
BI Prediksi Turis Muslim Akan Capai 158 Juta Orang Tahun Depan
Utang Luar Negeri Indonesia Menjadi 395,6 Miliar Dolar AS
Tol Terpeka Digratiskan Selama Sebulan
Tol Terpeka Diklaim Jadi Jalur Produktif Pulau Sumatera-Jawa
Rupiah Menguat 20 Poin, Kini di Angka Rp14.058-14.120

5 Gol Paling Kontroversial dalam Sejarah Sepak Bola, Ada yang Jelas Offside

Headline
5 Gol Paling Kontroversial dalam Sejarah Sepak Bola, Ada yang Jelas Offside Diego Maradona. (Foto: Istimewa)

Pantau.com - Sebuah pertandingan sepak bola tak jarang diwarnai sejumlah kontroversial di dalamnya. Seperti misalnya keputusan wasit yang mengesahkan gol padahal bola belum bergulir melewati garis gawang. Atau tidak jarang sebuah gol diwarnai dengan beberapa aksi yang patut dipertanyakan. 

Berikut Pantau.com merangkum lima gol paling kontroversi dalam sejarah sepak bola:

1. Nat Lofthouse (Bolton vs Manchester United-Final Piala FA 1958)


Nat Lofthouse. (Foto: Istimewa)

Nat Lofthouse mencetak gol ke gawang Man United dengan cara menabrakkan tubuhnya ke arah kiper Harry Greg yang sudah memegang bola. Greg sebelumnya sempat menepis tendangan Dennis Stevens. Berkat gol tersebut Bolton sukses memenangkan pertandingan dengan skor akhir 2-0. Mereka pun berhak atas gelar juara Piala FA 1985. 

2. Geoff Hurst (Inggris vs Jerman Barat-Final Piala Dunia 1966)


Gol Geoff Hurst. (Foto: Istimewa)

Memasuki perpanjangan waktu, Hurst yang menerima umpan dari sisi kanan melepaskan tembakan ke arah gawang. Bola hasil tembakan sempat membentur mistar dan memantul ke garis gawang. Namun, wasit justru mengesahkan gol tersebut untuk mengubah skor menjadi 3-2. 

Inggris pun sempat menambah satu gol untuk memastikan kemenangan menjadi 4-2. Hasil tersebut The Three Lions mengangkat trofi Piala Dunia untuk pertama kalinya. 

3. Diego Maradona (Argentina vs Inggris-Perempatfinal Piala Dunia 1986)


Diego Maradona. (Foto: Istimewa)

Maradona tampil memukau saat membantu Argentina membungkam Inggris dengan skor 2-1. Salah satu gol yang dicetak legenda Napoli ini ke gawang Peter Shilton pun terkenal hingga kini. 

Adalah gol 'Tangan Tuhan' yang dicetak Maradona awal babak kedua. Ia saat itu memang terlihat menceploskan bola ke gawang Inggris dengan menggunakan tangannya. 

4. William Gallas (Prancis vs Irlandia-Playoff kualifikasi Piala Dunia 2010)


William Gallas. (Foto: Reuters)

Gallas sejatinya bukan aktor utama di balik terciptanya gol Prancis ke gawang Irlandia. Adalah sang striker Thierry Henry yang sempat menahan bola dengan menggunakan tangannya setelah menerima umpan Florent Malouda. 

Setelah mampu mengontrol bola, Hendry pun memberikan umpan ke tengah yang diselesaikan oleh Gallas dengan sundulannya. Gol tersebut mampu mengantarkan Prancis berlaga di Piala Dunia 2010 setelah meraih kemenangan dengan agregat 2-1 atas Irlandia. 

5. Carlos Tevez (Argentina vs Meksiko-Perdelapanfinal Piala Dunia 2010)


Carlos Tevez. (Foto: RTE)

Tevez sukses mencetak gol pembuka bagi Argentina pada menit 25 setelah memanfaatkan assist Lionel Messi. Namun dari tayangan ulang, mantan penggawa Manchester United ini terlihat sudah berada di posisi offside. Albiceleste pun menang dengan skor 3-1.  

Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia
Penulis
Reza Saputra
Category
Olahraga

Berita Terkait: