Forgot Password Register

5 Kebiasaan Ini 'Kudu' Dihindari oleh Generasi Millennial

Ilustrasi berinteraksi. (Foto: Pixabay) Ilustrasi berinteraksi. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Bahasa tubuh bisa menyimpan kesan seseorang terhadap orang lain. Oleh karena itu sebaiknya Kamu harus bisa mengontrol gerak-gerik tubuh seperti halnya Kamu mengontrol mulut dalam berbicara.

Kebiasaan-kebiasaan tertentu setiap orang dalam menggerakan tubuhnya bisa di persepsikan lain oleh yang melihatnya. Jika pandangan orang terhadap gerakan tubuh yang kita lakukan adalah buruk tentu saja itu akan merusak citra kita.

Berikut ini adalah gerakan tubuh yang harus dihindari terutama oleh generasi milenial karena cenderung melakukannya.

1. Menyilangkan Tangan

Menurut Patti Wood, penulis 'Success Signals: A Guide to Reading Body Language,' kebiasaan menyilangkan tangan menunjukkan bahwa Kamu sedang menutup diri dan menolak untuk diajak berbicara. Kebiasaan menyilangkan tangan akan fatal ketika dilakukan di waktu dan tempat yang tepat.

Baca juga: Bahaya Makan Pisang Saat Perut Kosong

2. Menggerakan Tangan saat Menjelaskan Sesuatu

Sepertinya akan sedikit sulit bagi Kamu yang memiliki kebiasaan ini untuk menghilangkannya. Menjelaskan sesuatu dengan menggerakan tangan mungkin memiliki maksud baik agar bisa lebih mudah di mengerti, tetapi jika hal itu terlalu sering dilakukan akan membuat lawan bicara Kamu merasa tidak nyaman dengan berusaha untuk mengalihkan perhatian. 

3. Jarang Tersenyum

Seperti yang dikatakan oleh Tonya Reiman, penulis The Yes Factor: Get What You Want, Say What You Mean, the Power of Persuasive Communication, bahwa senyum menunjukkan rasa percaya diri, keterbukaan, serta semangat. 

"Tersenyum itu seperti bercermin, perilaku ini dapat memicu neuron tertentu dari lawan bicara Kamu, yang menginstruksikan mereka untuk tersenyum kembali,” ujar Tonya. 

Jarang tersenyum akan membuat Kamu terkesan sombong, kurang ramah dan tidak menyenangkan.

Baca juga: Catat! Ini 5 Barang Disekitarmu yang Bisa Menjadi Sarang Bakteri

4. Tidak Menatap Lawan Bicara

Komunikasi tatap muka yang baik adalah dengan menatap muka lawan bicara kita. Paling tidak itu akan menunjukan sikap respec Kamu dan memberikan signal bahwa Kamu sedang mendengarkannya bicara atau Kamu sedang berbicara sesuatu yang benar.

Memang kita juga tidak dianjurkan untuk terus menatap muka lawan bicara kita. Sharon Sayler, penulis buku What Your Body Says (And How to Master the Message), mengatakan bahwa kontak mata yang ideal sebenarnya adalah kontak mata yang sekilas, bukan kontak mata yang lama dan tajam. 

5. Berjalan atau Duduk dengan Posisi Bungkuk

Kebiasan buruk ini seringkali terabaikan secara tidak sadar. Namun biasakan saja untuk selalu mengingatnya agar tidak berjalan atau duduk dengan posisi bungkuk. 

Beberapa kebiasaan seperti menulis, mengetik, atau bermain handphone dapat membuat Kamu terbiasa memiliki pose yang bungkuk. Menurut website Psychology Today, pose bungkuk dapat berakibat buruk bagi punggung. Tak hanya itu, hal ini juga membuat Kamu terlihat tidak percaya diri.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More