Pantau Flash
Fuad Rizal Resmi Gantikan Ari Askhara Jadi Plt Dirut Garuda Indonesia
Kisruh Jiwasraya, DPR: Mudah-mudahan Cepat Selasai
KPK Bisa Turun Tangan Usut Penyelundupan Harley di Garuda Indonesia
Indra Sjafri Siapkan Skema Adu Penalti Lawan Myanmar
Tok! Kemenhub Jatuhkan Denda ke Garuda Indonesia

5 Klub Sepakbola Ini Punya Jebolan Akademi Terbaik di Dunia

5 Klub Sepakbola Ini Punya Jebolan Akademi Terbaik di Dunia Mesut Ozil (Foto: Reuters)

Pantau.com - Klub seperti Barcelona dan Manchester United adalah yang paling terkenal dengan produk akademi mereka. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, tidak banyak pemain dari akademi klub tersebut yang mampu menembus tim utama.

Hal itu memang tak lepas dari klub yang lebih memilih menggunakan uang yang ada untuk membeli pemain yang dinilai sudah matang untuk mendapatkan kesuksesan timnya. 

Contoh yang paling terasa adalah di Barcelona. Dulunya, jebolan akademi La Masia yang kemudian menjadi andalan Barcelona. Sebut saja Xavi, Andres Iniesta, Sergio Busquets, Sergi Roberto hingga yang paling terkenal Lionel Messi. Namun saat ini Blaugrana sepertinya lebih senang mendatangkan pemain mahal seperti Frenkie De Jong dan Antoine Griezmann.

Berikut akademi sepakbola yang terus menghasilkan talenta kelas dunia: 

1.Ajax Amsterdam


Ajax Amsterdam Academy (Foto: Istimewa)

Ajax Amsterdam merupakan tim yang terkenal menghasilkan pemain-pemain berbakat. Akademi mereka yang berjuluk De Toekomst ini adalah salah satu kiblat pengembangan akademi di tanah Eropa bahkan dunia.

Dari Johan Cruyff pada 1960-an hingga Matthijs de Ligt, Ajax sudah menghasilkan banyak pemain terbaik di dunia selama bertahun-tahun. Para pemain Belanda sudah memenangkan Ballon d'Or sebanyak tujuh kali dan enam penghargaan tersebut dimenangkan oleh produk akademi Ajax, Cruyff dan Marco van Basten.

Dan beberapa pemain top yang dihasilkan oleh Ajax dan masih bermain sebagai profesional contohnya adalah Toby Alderweireld, Christian Eriksen dan Jan Vertonghen di Tottenham Hotspur, Daley Blind hingga Wesley Sneijder.

Baca Juga: 5 Pesepakbola Ini Pernah Menangis di Atas Lapangan, Ada 2 Pemain Liverpool

2. Schalke 04


Schalke 04 Knappenschmiede Academy (Foto: Istimewa)

Banyak yang berpendapat bahwa Bayern Munchen memiliki akademi terbaik di Jerman. Namun, sejak akhir 2000-an setelah pemain-pemain seperti Toni Kroos, Thomas Muller dan David Alaba masuk ke tim utama, tidak ada pemain dari akademi yang menjadi pemain reguler di tim utama.

Namun, rival Bundesliga mereka, Schalke tetap memproduksi pemain kelas dunia. Akademi mereka sukses memunculkan nama-nama berbakat, mulai dari Benedikt Howedes, Mesut Ozil, Manuel Neuer, Julian Draxler hingga kini Leroy Sane dan Leon Goretzka.

Selain itu masih banyak peain yang berasal dari akademi tersebut, seperti Leroy Sane dari Manchester City, Joel Matip dari Liverpool, Sead Kolasinac dari Arsenal, Thilo Kehrer dari PSG, dan Max Meyer dari Crystal Palace adalah beberapa pemain aktif paling terkenal yang muncul dari akademi klub dan bermain reguler di tim utama.

3. Benfica


Stadion Benefica (Foto: SL Benefica)

Tiga klub raksasa Portugal Benfica, Porto dan Sporting semuanya memiliki akademi dan jaringan scouting yang luar biasa. Sporting menghasilkan beberapa pemain fantastis di dekade pertama abad ke-21 termasuk Cristiano Ronaldo dan banyak dari mereka memainkan peran penting dalam kesuksesan Portugal di Euro 2016. Namun, Benfica adalah klub yang membentuk masa depan Portugal.

Pemain internasional Portugal yang paling terkenal saat ini yang muncul melalui akademi Benfica termasuk Bernardo Silva, Joao Felix, Joao Cancelo, Goncalo Guedes, Ruben Dias, Danilo Pereira, Andre Gomes, Renato Sanches, Gedson Fernandes dan Manuel Fernandes. Selain itu, kiper Brasil Ederson Moraes dan bek Swedia Victor Lindelof juga pernah bermain untuk tim muda Benfica sebelum menjadi superstar seperti sekarang ini.

Baca Juga: Liverpool Susah Tersandung dari Puncak Klasemen, Kata Mourinho

4. Southampton


Southampton Academy (Foto: Southampton Academy.org)

Southampton dikenal sebagai salah satu akademi terbaik di tanah Inggris. Banyak sekali pemain yang diorbitkan menjadi pemain andalan di Premier League hingga ke luar Inggris.

Nama seperti Alex Oxlade-Chamberlain, Theo Walcott, Adam Lallana hingga Gareth Bale merupakan jebolan akademi tim yang berjulukan The Saints ini.

5. Olympique Lyon


Olympique Lyon (Foto: OL France)

Mungkin tidak ada negara yang memiliki kumpulan bakat seperti Prancis, itulah sebabnya sebagian besar klub Ligue 1 termasuk PSG memiliki akademi dengan pemain yang sangat potensial. Namun, tidak ada klub di Prancis yang bisa menandingi konsistensi Olympique Lyon dalam menghasilkan pemain-pemain luar biasa.

Beberapa pemain aktif paling terkenal dari akademi Lyon yang telah bermain untuk Prancis di level senior termasuk Karim Benzema, Samuel Umtiti, Anthony Martial, Corentin Tolisso, Alexandre Lacazette, Nabil Fekir, Hatem Ben Arfa, Loic Remy, Maxime Gonalons dan Clement Grenier.

Selain itu, pemain internasional Portugal Anthony Lopes dan pemain internasional Aljazair Ishak Belfodil dari Hoffenheim dan Rachid Ghezzal dari Leicester City juga berasal dari akademi Lyon.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - WIL
Category
Olahraga