Forgot Password Register

Headlines

5 Makanan Sehat Orang Jepang yang Bikin Panjang Umur

5 Makanan Sehat Orang Jepang yang Bikin Panjang Umur Tofu. (Foto: Wikipedia)

Pantau.com - Sehat dan panjang umur nampak bukan hanya keinginan bagi setiap orang yang hanya diucapkan saat ulang tahun saja. Tapi untuk menjadi kenyataan tidak cukup hanya berdoa saja.

Pola makan dan gaya hidup tentunya harus sangat diperhatikan. Jika kita menilik orang Jepang dengan gaya hidupnya yang disiplin maka tidak wajar jika mereka memiliki umur yang relatif lebih panjang dan sehat.

Selain menjadikan jalan kaki sebagai rutinitas sehari-hari, orang Jepang juga sangat memperhatikan konsumsi makanannya. Lantas apa saja makanan yang dikonsusmsi orang Jepang yang membuat mereka sehat dan panjang umur?

1. Miso 

Miso merupakan makanan yang berasal dari fermentasi kedelai. Biasanya dibuat sebagai sup dan dicampur sayur-sayuran di dalamnya. Miso memiliki kandungan isoflavon yang memiliki dampak baik untuk menurunkan risiko osteoporosis serta patah tulang. 

Baca juga: Tak Hanya Sehat, Jalan Kaki Bisa Membuat Kamu Lebih Pintar Lho

2. Tahu 

Tahu merupakan makanan sehat berbahan dasar kacang kedelai yang mengandung sumber protein nabati. Orang Jepang mengonsumsi tahu rata-rata 50 gr sehari. 

3. Rumput Laut

Dibandingkan salad, orang Jepang lebih suka mengonsumsi rumput laut. Sangat banyak makanan khas Jepang yang mengandung rumput laut.

Bahan makanan yang satu ini memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan, dan dapat membantu melawan berbagai macam penyakit, serta menurunkan berat badan. Rumput laut memiliki lebih banyak mineral dan gizi lainnya daripada sayuran biasa.

Baca juga: Raih Kebahagiaan dengan Kualitas Tidur yang Baik, Fakta atau Mitos?

4. Teh Hijau

Manfaat teh hijau sudah tidak diragukan lagi untuk kesehatan dan kecantikan. Kandungan antioksidan yang tinggi pada teh hijau dapat membantu tubuh bermetabolisme dengan lebih baik.

Orang Jepang tidak mencampur gula pada teh hijaunya, sehingga tetap menjaga kalori tubuh. Meminum teh hijau juga dapat membantu membuat pikiran lebih rileks dan menjauhkan kita dari stres.

5. Ikan

Hampir setiap hari orang Jepang mengonsumsi ikan. Bisa dalam bentuk sushi, digoreng, ataupun dibakar. Ikan memiliki kandungan omega 3 yang baik untuk kesehatan jantung.

Tidak hanya itu saja, ikan juga dapat membantu memelihara kesehatan otak dan mata, mengurangi peradangan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Share :
Komentar :

Terkait

Read More