Pantau Flash
Baznas Raih Penghargaan sebagai Lembaga Zakat Pelayanan Terbaik
Kemensos Klaim Seluruh Lokalisasi di Pulau Jawa Sudah Ditutup
Diwarnai Blunder Yanto Basna, Indonesia Kalah 0-2 dari Malaysia
MRT Bayar Listrik Rp12 Miliar Setiap Bulan
Pelebaran Trotoar di Cikini Korbankan Jalur Sepeda

5 Manfaat Aktivitas Seks untuk Kesehatan, Bisa Lawan Virus Sakit!

5 Manfaat Aktivitas Seks untuk Kesehatan, Bisa Lawan Virus Sakit! Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Berhubungan seksual secara rutin oleh pasangan suami istri merupakan salah satu cara untuk bersenang-senang, sekaligus menjaga keintiman. Tak hanya itu, aktivitas seks ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Mulai dari membantu merunkan stres hingga menjaga sistem kekebelan tubuh. Berikut 5 manfaat seks untuk kesehatan yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Seks membantu menurunkan stres

Para peniliti mengungkapkan seks dapat membantu meringankan rasa sakit dan menurunkan tingkat stres. Endorfin yang dilepaskan selama aktivitas seks dapat sebagai obat penghilang rasa sakit alami. Selain itu, aktivitas seks juga dapat membantu mengurangi kram saat wanita menstruasi, menurut Betty Dodsoon, PhD, pendidik seks di New York.

2. Seks menciptakan ikatan yang kuat

Ketika pasangan melakukan seks, tubuh akan melepaskan oxytocin, zat kimia yang bertanggung jawab untuk membuat tubuh hangat. Oxytocin juga penting untuk menciptakan ikatan yang kuat antara pasangan saat melakukan seks. 

3. Seks meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sebuah penelitian menunjukkan aktivitas seks baik untuk jantung dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sebagai contoh, dalam studi St. Joseph University, psikolog Carl Charnetski dan Francais Brennan, Jr, menemukan bahwa orang yang berhubungan seks satu sampai dua kali dalam seminggu memiliki tingkat antibodi yang tinggi, yang merupakan salah satu respon imun tubuh pertama terhadap virus flu.

Baca juga: Ini Dia 5 Fakta Seks yang Harus Kamu Tahu Bersama Pasangan

4. Seks membakar kalori

Seks merupakan aktivitas fisik yang sama bobotnya dengan aktivitas berjalan cepat. Melakukan hubungan seks selama 30 menit dapat membakar sekitar 200 kalori. Oleh karenanya, menjadwalkan hubungan intim adalah kegiatan yang tepat untuk membakar kalori secara teratur.

5. Seks meningkatkan kualitas tidur

Setelah melakukan seks, tubuh memproduksi hormon prolaktin yang dapat menimbulkan rasa rileks dan mengantuk sehingga tidur lebih cepat dan lebih nyenyak. Tidur nyenyak dapat berkonstribusi dalam memperkuat daya tahan tubuh dan meningkatkan energi.

Tim Pantau
Editor
Nani Suherni
Penulis
Kontributor - NPW
Category
Ragam

Berita Terkait: