Pantau Flash
Selamat Tinggal.... Bioskop XXI di Taman Ismail Marzuki Stop Operasi
Ketua MPR: UU Buatan DPR dan Pemerintah Banyak yang Salahi UUD 1945
Bom Bunuh Diri Terjadi di Ibu Kota Afghanistan, 63 Orang Tewas
Pratu Sirwandi, Prajurit TNI Korban Penembakan KKSB di Papua Gugur
Prabowo: Rencana Pemindahan Ibu Kota Sudah Digodok Gerindra Sejak 2014

5 Mata Uang Paling Unik yang Pernah Beredar dari Seluruh Dunia

5 Mata Uang Paling Unik yang Pernah Beredar dari Seluruh Dunia Ilustrasi Mata Uang. (Foto: nytimes)

Pantau.com - Uang bukan hanya sekedar alat tukar untuk pembayaran, dibalik semua mata uang yang terbit dan beredar di seluruh negara di dunia pastinya memiliki makna dan nilai tersendiri bagi negara pembuatnya. Ada yang memaknai sejarah dengan mengabadikan pahlawan di setiap mata uang yang di terbitkan, adapula negara yang meciptakan uang dengan seri khusus demi memperingati hari tertentu di negaranya.

Baca juga: Hampir 20 Tahun Merdeka, Mata Uang Timor Leste Ternyata Begini

Mata uang Rupiah salah satunya, uang yang beredar di Indonesia memiliki arti penting bagi bangsa ini, bisa dilihat dari semua mata uang yang beredar di Indonesia baik dari dulu hingga sekarang pasti selalu menampilkan pesan dan kesan nasionalis dengan mengabadikan gambar pahlawan di setiap sudut uang kertas. hal tersebut dimaksudkan untuk mengabadikan jasa para pahlawan kedalam sebuah bingkai mata uang agar nantinya bisa terus dilihat oleh generasi yang akan datang.

Uang merupakan simbol dari sebuah negara, maka dari itu uang akan dibuat sebaik mungkin agar bisa menggambarakan sebuah negara yang membuatnya. Banyak keunikan dan keanehan dari mata uang yang beredar di seluruh dunia, mulai dari bentuk, gambar, nominal hingga teknologi yang digunakan untuk memproduksi mata uang tersebut.

Lalu Apa Saja Mata Uang Paling Unik di Dunia?

Kira-kira mata uang dari negara mana saja yang memiliki keunikan serta keanehan dibandingkan dengan yang lain? Mari kita simak artikel berikut

1. Uang Berharga Paling Tinggi

uang berharga paling tinggi

Mata Uang Singapura. (Foto: Banknote Asia)

Uang yang pernah beredar di negara Singapura memiliki nominal 10.000 Dollar Singapura, atau jika saat ini dirupiahkan satu lembar uang tersebut bernilai 130 juta rupiah. Uang dengan nilai tinggi itu dikeluarkan Singapura pada tahun 1973, namun pada tahun 2004 Singapura menarik kembali uang tersebut demi meredam kasus pencucian uang yang sering terjadi di negara singa itu.

Baca Juga: 5 Negara yang Melegalkan Bisnis Jual Beli Istri

2. Uang Paling Banyak Nolnya

uang paling banyak nolnya

Mata Uang Zimbabwe. (Foto: kafanews.com)

Mata uang Zimbabwe yang diproduksi dari tahun 2009 ini memiliki nominal yang luar biasa, bahkan pada satu uang kertas Zimbabwe ada yang bernilai 100 trilyun Dollar, itu artinya terdapat 14 nol di belakang angka satu. Nominal sebesar itu menunjukkan bahwa di negara tersebut telah terjadi inflasi yang luar biasa tinggi. Inflasi terjadi saat uang yang beredar di masyarakat lebih banyak dari jumlah penduduknya itu sendiri. Sebagai gambaran, harga sepotong roti di Zimbabwe pada saat itu sekitar 300 milyar Dollar, bahkan saking banyaknya uang yang beredar, masyarakat Zimbabwe menjual uangnya kembali pada orang asing atau turis yang datang ke negara itu.

3. Uang Kertas Paling Kecil

uang kertas paling kecil

Mata Uang Rumania. (Foto: Pinterest)

Uang Kertas dengan ukuran paling kecil dikeluarkan oleh negara Rumania. Pada uang kertas dengan nominal 10 Bani dibuat dengan ukuran yang sangat kecil yaitu hanya 27,5 X 38 milimeter atau hanya seukuran perangko, namun uang tersebut merupakan pembayaran yang sah di negara itu. Uang tersebut pertama di edarkan pada tahun 1917 atau pada saat perang dunia berlangsung, sebab itulah mata uang dibuat kecil demi menghemat bahan baku produksi.

Baca Juga: 5 Negara Terkaya di Dunia, Mana Saja?

4. Uang Dengan Nominal Terbatas

uang dengan nominal terbatas

Mata Uang Cina. (Foto: fortune.com)

Cina membatasi nominal mata uang terbesarnya hanya pada angka 100 Yuan. Bukan tanpa maksud, namun hal tersebut bertujuan untuk menghindari pencucian uang yang marak terjadi di negara tirai bambu tersebut. Kerugian dari kecilnya nominal tersebut adalah ketika seseorang akan membeli produk berharga mahal, orang tersebut harus membawa uang berkoper-koper. Warga Cina sendiri sudah terbiasa membeli barang secara kontan, akhirnya orang yang membawa uang sekoper penuh sudah menjadi pemandangan yang biasa.

5. Uang Berteknologi Paling Tinggi

uang berteknologi paling tinggi

Mata Uang Euro. (Foto: CNN)

Mata uang Euro yang terbaru dengan nominal 50 dinilai berteknologi paling tinggi dibandingkan uang lain. Ada beberapa kelebihan yang tidak dimiliki uang lain, beberapa diantaranya sulit dipalsukan, tidak mengandung lemak hewan, tahan air serta panas, hingga tidak mudah luntur bahkan ketika terkena bahan kimia sekalipun. Mata uang Euro dengan nominal 50 ke bawah biasanya sering dipakai untuk bertransaksi. Sementara dengan nominal besar seperti 200 hingga 500 Euro lebih banyak disimpan di bank.

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - ANU
Category
Ekonomi

Berita Terkait: