Pantau Flash
Kata Mahfud, KPK Tak Bisa Kembalikan Mandat ke Presiden
Soal Revisi UU Minerba, Jonan: Pernyataan Pemerintah Bisa Pengaruhi Harga
Suasana Memanas, OKI Gelar Pertemuan Luar Biasa Bahas Aksi Paksa Israel
Jokowi Diminta untuk Segera Melantik 5 Pimpinan Baru KPK
Rizki/Della ke Final Vietnam Open 2019, Anggia/Pia Terhenti

5 Pebulutangkis Jebolan PB Djarum Ini Pernah Ukir Sejarah untuk Indonesia

5 Pebulutangkis Jebolan PB Djarum Ini Pernah Ukir Sejarah untuk Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo. (Foto: Pantau.com/Anugerah Ali Rizky)

Pantau.com - Keputusan PB Djarum untuk tidak mengadakan audisi pada tahun depan tengah santer diperbincangkan. Polemik ini ditenggarai Komisi Perindungan Anak Indonesia (KPAI) yang menilai PB Djarum mengeksploitasi anak untuk dekat rokok.

Banyak pihak yang menyayangkan keputusan Djarum untuk tidak lagi membuka audisi bagi pebulu tangkis junir yang ingin berjuang merealisasikan mimpinya.

Mari kita intip siapa saja para pebulutangkis Indonesia yang mendunia yang mengawali karirnya dari audisi PB Djarum. 

1. Mohammad Ahsan


Muhammad Ahsan (Foto: Pantau.com/Anugerah Ali Rizky)

Atlet yang baru saja sukses meraih medali emas di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2019 ini adalah salah satu jebolan audisi PB Djarum. Awal mula cerita Mohammad Ahsan bergabung dengan PB Djarum melalui audisi saat SMP. Setelah lulus SMP dan dibina PB Djarum, Ahsan pun bergabung dengan pelatnas pada tahun 2006.

Ahsan sendiri memiliki prestasi mentereng di dunia. Ia menjadi pemain ganda yang mulai diperhitungkan saat masih berpasangan dengan Bona Septano pada tahun 2010 hingga 2012. Namun setelah Bona memutuskan pensiun, Ahsan dipasangkan bersama pasangannnya saat ini yakni Hendra Setiawan.

Sejak tahun 2013 berpasangan, Ahsan/Hendra pun memulai catatan apik dengan meraih gelar juara dunia pertamananya di Kejuaraan Dunia Badminton, di China. 

Baca Juga: Audisi PB Djarum Dihentikan, Tradisi Emas Olimpiade Terancam

2. Kevin Sanjaya Sukamuljo


Kevin Sanjaya (Foto: Dok. Djarum Badminton)

Siapa yang tidak kenal dengan pria satu ini? Ya, Kevin Sanjaya Sukamuljo. Pemain yang berpasangan dengan Marcus Fernaldi Gideon itu saat ini menempati peringkat satu dunia.

Kevin diketahui telah bergabung dengan Djarum sejak tahun 2007. Namanya mulai dikenal setelah berhasil meraih medali emas ganda campuran dan ganda putra dari Kejuaraan DUnia Bulutangkis Junior.

Kesuksesannya itu pun terus berkembang setelah ia dipasangkan dengan Marcus di sektor ganda putra. Tepat pada tahun 2017 bersama dengan Marcus Fernaldi Gideon ia mendapatkan penghargaan dari BWF sebagai pemain badminton terbaik ganda putra masa kini. Hingga saat ini pun mereka masih menakutkan untuk lawan-lawannya.

3. Tontowi Ahmad


Tontowi Ahmad (Foto: Willa Wildayanti)

Nama satu ini tentu sudah tidak asing lagi didengar. Tontowi Ahmad cukup ditakuti di dunia saat ia berpasangan dengan Liliyana Natsir di sektor ganda campuran. Hal yang paling melekat dengan mereka adalah saat meraih medali emas Olimpiade 2016.

Tontowi Ahmad memulai karir dengan bergabung bersaama PB Djarum pada tahun 2005, disaat usia 18 tahun. Namanya mulai populer di tahun 2010 setelah melahap banyak gelar.

Ia pernah memenangkan All England tiga kali berturut-turut tahun 2012, 2013, 2014 bersama dengan Liliyana Natsir.

Baca juga: Owi: Atlet PB Djarum yang Ketahuan 'Ngerokok' Langsung Dikeluarkan

4. Alan Budi Kusuma


Alan Budi Kusuma dan Susy Susanti (Foto: Istimewa)

Bukan nama asing lagi, suami dari Susi Susanti, Alan Budi Kusuma juga mengasah kemampuannya sebagai pebulu tangkis top dunia di PB Djarum. 

Bukti yang cukup melekat bagi bangsa Indonesia adalah saat ia berhasil meraih medali emas Olimpiade 1992 dan juga menjuarai Thomas Cup tahun 1996. Dan usai dirinya memutuskan gantung raket Alan Budi Kusuma juga aktif sebagai salah satu tim pencari bakat di PB Djarum.

5. Leo Rolly Carnando


Leo Rolly Carnando (Foto: Dok. PBSI)

Alet muda PBSI, Leo Rolly Carnando yang baru saja berhasi meraih medali emas dari sektor ganda campuran dan ganda putra di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2019. Ia juga disebut-sebut menjadi penerus Kevin Sanjaya Sukamuljo. 

Leo Rolly Carnando memulai karirnya dengan mengikuti audisi PB Djarum dan setelah pembinaan pun Leo bergabung dengan Pelatnas PBSI. Namanya mulai dikenal dan cukup mentereng setelah ia berhasil keluar sebagai juara dunia bulutangkis junior 2019 bersama Indah Cahya Sari Jamil disektor ganda campuran dan bersama dengan Daniel Marthin di sektor ganda putra.

Bukan hanya itu, sejak 2018 ia sudah mengantongi banyak medali emas dari turnamen-turnamen bergengsi lainnya. Tahun 2018 ia sudah mengantongi gelar juara dunia junior sektor ganda putra dan gelar runner up ganda putra Kejuaraan Asia Bulutangkis Junior 2019.


Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Kontributor - WIL
Penulis
Kontributor - WIL
Category
Olahraga

Berita Terkait: