Pantau Flash
Prabowo: Rencana Pemindahan Ibu Kota Sudah Digodok Gerindra Sejak 2014
Anies Pastikan Pemprov DKI Lepas Saham di Perusahaan Bir Tahun Depan
Pemindahan Ibu Kota, Sri Mulyani: Kami Tidak Masukkan ke RAPBN 2020
Dua Kali Tertinggal, Madura United Tahan Imbang Persija 2-2
Zakir Naik Dipanggil Polisi Malaysia Terkait Berita Hoax dan China

5 Penyebab Sarjana Menganggur, Miris Banget Deh

5 Penyebab Sarjana Menganggur, Miris Banget Deh Ilustrasi sarjana. (Foto:Istimewa)

Pantau.com - Setelah selesai mengenyam pendidikan di bangku kuliah, tentu keinginan sebagian sebagian masyarakat ialah mendapat pekerjaan. Nyatanya, setelah menyandang status sarjana, tidak sedikit orang-orang yang justru menganggur. 

Penyebabnya pun bermacam-macam. Berikut, Pantau.com merangkum lima penyebab sarjana menganggur:

1. Terlalu Bangga dengan IPK Tinggi

Memiliki indek prestasi kumulatif (IPK) tinggi ternyata tidak menjadi jaminan utama seseorang bisa dengan mudah mendapat pekerjaan. Bagi perusahaan, IPK hanya sebatas angka yang tertera di selembar ijazah. Pasalnya, yang dibutuhkan utama oleh sebuah perusahaan tetaplah keahilan dan skill yang dimiliki seseorang tersebut. 

Baca Juga: Dear Fresh Graduate, Data BPS Sebut Gaji Tertinggi Kalian Rp3,3 Juta

2. Pengalaman yang Sangat Minim

Kebanyakan perusahaan memang lebih memprioritaskan calon pelamar yang memang sudah memiliki pengalaman setidaknya 1-2 tahun di bidang yang sama. Lalu bagaimana jika Anda belum memiliki pengalaman?

Jangan khawatir, masih ada perusahaan yang mengizinkan fresh graduate atau lulusan baru untuk diterima. Hanya saja, Sobat Pantau harus benar-benar bisa membuktikan kemampuan serta skill yang dimiliki untuk bersaing dengan para pelamar yang sudah berpengalaman. 

3. Kurang Memanfaatkan Peluang

Dengan ketatnya persaingan di dunia kerja, para lulusan baru ini tentu harus bisa memanfaatkan setiap waktu yang ada. Mengingat mereka memiliki waktu lebih banyak karena belum memiliki kesibukan di dunia kerja. 

Jadi gunakan waktu luang tersebut untuk mencari informasi mengenai lowongan pekerjaan yang ada. Selain itu, coba hubungi teman-teman terdekat untuk mencari informasi lowongan pekerjaan. 

Baca juga: Cerita Penambang Ilegal Buktikan Afrika Diselimputi Emas, Tak Kalah dari RI

4. Terlalu Nyaman Menjadi Pengangguran

Seseorang yang sudah menganggur terlalu lama ternyata juga bisa merasakan 'kenyamanan'. Artinya orang seperti ini sudah terlalu nyaman menganggur tanpa harus bekerja. 

5. Kurang Mempersiapkan Diri sebelum Menapaki Dunia Kerja

Sebagai orang yang baru lulus dari dunia pendidikan, tentu yang dipikirkan adalah bisa mendapat kerja serta penghasilan. Namun tidak menyangka bahwa segala tangis, sedih, kecewa, canda, serta tawa kerap kali menghiasi orang-orang yang tengah mencari pekerjaan. Jadi Sobat Pantau, persiapkan diri kalian dengan maksimal untuk bisa mendapat kerja, ya!!!

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Reza Saputra
Category
Ragam

Berita Terkait: