Pantau Flash
Indonesia Alami 3271 Kali Bencana Alam Selama Tahun 2019
Gali Septic Tank, Buruh Bangunan di Papua Temukan Ratusan Amunisi Artileri
Catat! Ada Denda Rp300 Ribu Jika Anda ‘Ngasal’ Kendarai GrabWheels
LAN: 37 Persen ASN Punya Latar Belakang Pendidikan Tak Sesuai Kompetensi
Saddil Ramdani Pamit dari Pahang FA

5 Perpustakaan Menakjubkan Ini Dijamin Bikin Kamu Betah Baca Buku

5 Perpustakaan Menakjubkan Ini Dijamin Bikin Kamu Betah Baca Buku Austrian National Library (Wikimedia)

Pantau.com - Ada banyak tempat untuk membaca buku, termasuk kafe, taman, atau bahkan di perpustakaan umum. Tak hanya sekedar digunakan untuk membaca, saat ini banyak perpustakaan yang didesain semenarik mungkin untuk menarik pengunjung. 

Dirangkum dari berbagai sumber, ini 5 perpustakaan dengan desain menakjubkan dari berbagai belahan dunia.

1. Central Library of National Autonomous University of Mexico, Mexico City


Central Library of National Autonomous University of Mexico. (Wikimedia)

Terletak di dalam National Autonomous University of Mexico, perpustakaan ini masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO. Dibangun oleh beberapa arsitek paling terkenal di Meksiko pada abad 20,  perpustakaan ini menampung sekitar 400.000 buku. Dinding luar bangunan 10 lantai ini dihiasi dengan batu berwarna yang menggambarkan warisan pra-Hispanik.

Baca juga: The Power of Mother Nature Ini Telah Mengubah Deretan Sejarah Dunia

2. Mafra National Palace Library, Portugal


Mafra National Palace Library. (Wikimedia)

Perpustakaan bergaya Rococo terletak di belakang Istana Mafra di Mafra. Perpustakaan ini menawarkan koleksi 36.000 buku berjilid kulit dari abad ke 14 hingga 19 dalam rak kayu. Selain itu, lantai perpustakaan ditutupi dengan ubin marmer berwarna abu-abu dan putih serta bunga mawar.

3. Taipei Public Library Beitou Branch, Taiwan


Taipei Public Library Beitou Branch. (Wikimedia)

Perpustakaan "hijau" pertama di negara ini terletak di Beitou Park, yang terletak di Distrik Beitou, Taipei, Taiwan. Menyerupai sebuah rumah pohon besar, bangunan ini terdiri dari fitur ramah lingkungan seperti atap dengan sel surya dan sistem pemanenan air hujan. Ini adalah perpustakaan hijau pertama di Taiwan. Perpustakaan yang dibuka pada tahun 2006, terdiri lebih dari 20.000 item dalam bahasa Mandarin dan Inggris.

Baca juga: 5 Lokasi Dunia yang Dijuluki Kota Hantu, Berani Datang?

4. The Library of Birmingham, Inggris


The Library of Birmingham (Wikimedia)

Dibuka pada 3 September 2013, ini adalah perpustakaan umum terbesar di Inggris dan ruang budaya publik terbesar di Eropa. Terletak di sisi barat pusat kota di Centenary Square, di samping Birmingham Rep dan Baskerville House, perpustakaan ini menyimpan Arsip Boulton dan Watt, Arsip Kepercayaan Desa Bournville, Arsip Charles Parker, dan koleksi buku anak-anak Parker adalah beberapa koleksi penting.

5. Austrian National Library, Wina


Austrian National Library (Wikimedia)

Terletak di Istana Hofburg, perpustakaan ini adalah yang terbesar di Austria dengan koleksi lebih dari 12,5 juta buku dan artefak. Perpustakaan ini muncul selama periode abad pertengahan, ketika Duke Austria Albert III menggeser koleksi buku-bukunya yang sangat besar dari brankas Wina ke perpustakaan ini. Kepemilikannya yang paling berharga dan tertua adalah Injil Suci emas dari tahun 1368. Lukisan langit-langit besar oleh Daniel Gran adalah daya tarik arsitektur utama.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - NPW
Category
Ragam