Pantau Flash
KPK Panggil Sekjen DPR RI Jadi Saksi Kasus Impor Bawang Putih
LAPAN Bangun Bandar Antariksa di Biak Tahun 2020 Mendatang
25 Kelurahan di DKI Jakarta Masuk Kategori Rawan Banjir
Aceh Juga Diguncang Gempa Magnitudo 5,1
Gempa M 5,9 Kembali Guncang Maluku Utara

5 Tanda Kamu Wajib Gunakan Kartu Kredit Walapun Debitmu Penuh Uang

Headline
5 Tanda Kamu Wajib Gunakan Kartu Kredit Walapun Debitmu Penuh Uang Kartu kredit (Foto: Pantau.com/Ammad)

Pantau.com - 5 tanda Anda harus menggunakan kartu kredit, bahkan jika anda telah menggunakan debit selama bertahun-tahun. Jika sobat Pantau menggunakan kartu debit untuk membeli, sepertinya harus ada perhitungan lain sih dengan penggunaan kartu debitnya.

Dilansir Business Insider, penggunaan debit rupanya menempatkan sobat Pantau pada risiko yang lebih besar dalam hal penipuan. Menggunakan kartu debit seperti dulu mungkin baik, tetapi mungkin saja kartu kredit bisa menjadi kesepakatan yang lebih baik.

Bagaimana cara mengukur kalau kita butuh kartu kredit? berikut 5 alasan kalau kamu harus move on ke kartu kredit;

Baca juga: Fasilitas Kilang Aramco Diserang, Saudi Genjot Pemulihkan Produksi Minyak

1. Anda sudah bebas dari hutang


Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Kartu kredit mungkin nyaman digunakan, tetapi tingkat bunga yang tinggi membuat mereka menjadi pilihan yang buruk jika diperlukan meminjam uang untuk jangka panjang. Di mana pinjaman pribadi sering kali datang dengan tingkat serendah 5,99 persen April untuk konsumen dengan kredit baik, tingkat bunga kartu kredit rata-rata jauh di atas 17 persen. Beberapa kartu kredit perjalanan terbaik bahkan datang dengan tarif jauh lebih tinggi dari itu.

Karena tarif tinggi, kartu kredit baik untuk orang-orang yang bebas hutang dengan disiplin yang cukup untuk membayar saldo mereka secara penuh setiap bulan. Jika anda pernah kesulitan dengan hutang di masa lalu atau tahu bahwa kredit membuat anda mengeluarkan uang lebih banyak, anda mungkin ingin tetap menggunakan kartu debit Anda.

2. Anda sering bepergian 


Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Jika anda bepergian sepanjang waktu dan tidak memiliki kartu kredit, anda pasti kehilangan manfaat penting. Kartu kredit perjalanan top seperti Chase Sapphire Reserve dan Chase Sapphire Preferred Card dilengkapi dengan tunjangan perjalanan seperti asuransi pembatalan/interupsi perjalanan, pertanggungan keterlambatan bagasi, cakupan sewa mobil utama, dan asuransi kecelakaan perjalanan. Percaya atau tidak, Anda mendapatkan manfaat ini dan lainnya secara gratis sebagai pemegang kartu.

Keuntungan ini memang mengharuskan anda membayar biaya tahunan kartu kredit, tetapi mereka bisa membayar besar jika anda bepergian sepanjang waktu.

Dengan kartu kredit perjalanan yang tepat, anda bisa mendapatkan imbalan perjalanan baik untuk penerbangan, hotel, persewaan mobil, dan lainnya.

Baca juga: Diprotes Soal Pembangunan Tenaga Uap dari Batubara, Ini Jawaban Jonan

3. Anda khawatir tentang penipuan 


Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Jika seseorang melakukan pembelian curang dengan kartu kredit atau nomor kartu anda, anda tidak akan terlibat. Yang paling absolut yang mungkin menjadi tanggung jawab anda di bawah Undang-Undang Penagihan Kredit yang Adil (FCBA) adalah $50 untuk penipuan kartu kredit, dan bahkan itu jarang terjadi karena sebagian besar kartu memperpanjang cakupan pertanggungan nol.

Tetapi tanggung jawab pada kartu debit tidak berfungsi seperti itu. Menurut Federal Trade Commission (FTC), kewajiban anda dengan kartu debit dibatasi hingga $50 jika anda melaporkan kerugian dalam waktu 2 hari setelah mengetahuinya, tetapi hingga $500 jika anda melaporkan kerugian dalam 2 hingga 60 hari sejak pernyataan anda dikirim kepada anda.

Jika anda tidak melaporkan penipuan dalam 60 hari setelah pernyataan dikirimkan kepada anda, di sisi lain, anda dapat kehilangan “semua uang yang diambil dari rekening kartu ATM/debit anda, dan mungkin lebih banyak; misalnya, uang dalam akun yang ditautkan ke akun debit anda,” catat FTC.

4. Anda berharap memiliki lebih banyak perlindungan konsumen


Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Beberapa kartu kredit menawarkan lebih banyak perlindungan konsumen selain keamanan yang lebih baik dari penipuan. Misalnya, Chase Freedom menawarkan perlindungan pembelian dan perpanjangan garansi sebagai fasilitas pemegang kartu.

Beberapa kartu kredit hadiah juga menawarkan manfaat seperti pengembalian yang dijamin, perlindungan harga, asuransi gratis untuk ponsel anda, dan banyak lagi. Dan ingat, manfaat ini adalah milik anda secara gratis asalkan anda menggunakan kartu kredit anda untuk melakukan pembelian yang ingin anda lindungi.

Baca juga: Soal Revisi UU Minerba, Jonan: Pernyataan Pemerintah Bisa Pengaruhi Harga

5. Anda suka mendapatkan barang gratis


Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Alasan terakhir untuk menggunakan kredit sebagai ganti debit mungkin adalah yang terbaik. Ketika anda menggunakan kartu kredit hadiah untuk pembelian, anda dapat mencetak barang gratis.

Beberapa kartu kredit memungkinkan anda mendapatkan cash back yang bisa digunakan sesuka anda. Seperti mil maskapai penerbangan, poin hotel, atau poin perjalanan fleksibel. Kartu kredit fleksibel terbaik bahkan memungkinkan anda menebus poin untuk beberapa opsi termasuk cash back, hadiah perjalanan, kartu hadiah, barang dagangan, dan banyak lagi.

Sementara berbagai kartu hadiah menawarkan jumlah poin yang berbeda untuk setiap pembelian, Anda biasanya mendapatkan 1 hingga 3 poin per dolar yang dihabiskan atau 1 persen hingga 3 persen kembali. Beberapa kartu dengan program hadiah terbaik dapat membebankan biaya tahunan, tetapi ada banyak kartu hadiah yang tidak membebankan biaya tahunan.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Nani Suherni
Category
Ekonomi

Berita Terkait: