Forgot Password Register

5 Teknik Pernafasan untuk Atasi Gangguan Sulit Tidur

Ilustrasi tidur nyenyak. (Foto: Pixabay) Ilustrasi tidur nyenyak. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Apakah Kamu mengalamai gangguan susah tidur di malam hari? Tentu saja itu sangat mengganggu ketika Kamu harus bangun pagi untuk bersiap berangkat ke kantor. Kurang tidur akan membuat hari-hari mu menjadi tidak bersemangat dan kurang optimal dalam bekerja.

Lalu apakah ada solusi untuk menghilangkan kebiasaan buruk itu? Tentu saja sebelum Kamu memutuskan untuk mengonsumsi obat tidur, cobalah untuk melakukan teknik berikut ini seperti dilansir dari cosmopolitan:

1. Tarik nafas sampai dalam lalu keluarkan perlahan

Teknik dasar dalam pernafasan ini efektif untuk menangani dalam beragam masalah. Teknik ini akan memberikan efek tenang dan mengaktifkan sistem saraf parasimpatis. Dengan begitu tubuh Kamu dalam keadaan rileks dan lebih mudah mengantuk.

2. Hitung nafas

Jika Kamu sering merasa gelisah sehingga sulit tidur, cobalah untuk tarik nafas dalam dengan kecepatan normal. Pada hitungan pertama dimulai ketika Kamu menghembuskan nafas. Lakukan berulang hingga hitungan ke lima dan mulailah kembali dari awal. Menurut penelitian, teknik ini akan membuat Kamu konsentrasi menghitung angka sampai lelah dan perlahan tidur.

Baca juga: Catat! Ini 5 Barang Disekitarmu yang Bisa Menjadi Sarang Bakteri

3. Ritme nafas teratur 

Bernafaslah dengan ritme teratur agar Kamu bisa merasa tenang untuk beristirahat dan tidur. Pernapasan teratur secara tekniknya persis seperti cara klasik “menghitung domba” karena sifatnya yang menenangkan dan menenteramkan. 

Tarik nafas dalam-dalam melalui perut lalu tahan sampai hitungan ke empat. Saat Kamu melepaskan nafas lakukan seperti sebelumnya. Metode sederhana ini akan membantu menenangkan sistem saraf, mengurangi stres, dan tanpa sadar akan membawa mu menuju mimpi indah.

4.  Pernafasan alternatif nostril

Pernapasan nostril alternatif adalah bentuk pernafasan yoga (atau dikenal sebagai Pranayama) yang menanamkan rasa tenang saat berlatih dengan benar. Untuk melakukan teknik ini, mulailah dengan meletakkan ibu jari kanan di atas lubang hidung sebelah kanan, dan hirup napas lebih dalam sepenuhnya dari lubang hidung kiri. Jika sudah, ambil jari manis dan tutup lubang hidung sebelah kiri dan bernafaslah melalui lubang hidung sebelah kanan. Lanjutkan pola bergantian seperti itu sampai Kamu merasa bisa tidur nyenyak dan seluruh tubuh terasa rileks.

Baca juga: Sushi Makanan Sehat, Tapi Jadi 'Berbahaya'Jika...

5. Teknik 4-7-8

Teknik pernapasan relaksasi 4-7-8 artinya bernafas melalui hidung selama empat hitungan, menahan napas selama tujuh hitungan, dan menghembuskan napas melalui mulut selama delapan hitungan. Terdengar agak sedikit rumit memang tapi teknik tidak akan mengecewakan mu. Dr. Andrew Weil, seorang ahli dan penulis kesehatan holistik dan pendiri Pusat Pengobatan Integratif Arizona, mengatakan bahwa nafas 4-7-8 dapat memberi keajaiban disaat Kamu sedang mencoba untuk tertidur, membuat lebih relaks dan mengundang rasa kantuk. 

Share :
Komentar :

Terkait

Read More