Pantau Flash
Marquez Persembahkan Treble Crown untuk Lorenzo
Sesmenpora: Tidak Mungkin Indonesia Juara Umum Sea Games
Parah! Oknum Satpol PP Bobol Bank DKI Sejak Mei dengan Kerugian Rp32 Miliar
Indonesia Alami 3271 Kali Bencana Alam Selama Tahun 2019
Gali Septic Tank, Buruh Bangunan di Papua Temukan Ratusan Amunisi Artileri

5 Tips Hemat Anggaran Internet Saat Liburan ke Luar Negeri

5 Tips Hemat Anggaran Internet Saat Liburan ke Luar Negeri Ilustrasi. (Foto: Ist)

Pantau.com - Mengandalkan internet gratis atau Wi-Fi selama traveling di luar negeri tidak mungkin selamanya dilakukan, selain dapat menyita waktu juga akan mengganggu jadwal liburan yang sudah kamu buat sebelumnya. Meskipun hampir di semua area di luar negeri dilengkapi Wi-Fi, kamu tetap butuh kuota internet untuk berjaga-jaga saat sedang dibutuhkan.

Nah, masalah lain adalah jika kuota internet kamu terbatas dan harganya sangat mahal, itu akan membuatmu mengeluarkan biaya tambahan tentunya. Untuk menghindari kemungkinan-kemungkinan pemborosan selama liburan akibat kuota internet, kamu bisa tarapkan 5 langkah mudah hemat internet di luar negeri berikut ini.

1. Temukan Penawaran Roaming

Sebelum berangkat ke bandara, periksa operator seluler kamu. Pastikan provider memiliki penawaran paket roaming internasional, yang dapat membantu menghemat pemakaian data saat berada di negara tujuan.

Baca Juga: Pecandu Internet Lebih Rentan Terserang Depresi, Ini Alasannya

2. Beralih ke Browser yang Hemat Data

Jika kamu menggunakan data lebih sedikit tentunya kamu dapat menghemat uang, tips mudah untuk melakukan itu salah satunya dengan enganti peramban di ponsel kamu dengan yang lebih hemat data, selain itu peramban yang bagus bisa menelusuri internet lebih cepat ketika berada di lokasi dengan sinyal lemah.

3. Matikan Hak Akses Aplikasi

Matikan notifikasi dan data yang berjalan di latar belakang. Statistik menunjukkan bahwa data latar belakang saat aplikasi tidak digunakan dapat memakan data hingga 30 persen.

Baca Juga: Internet Dapat Bantu Tingkatkan Daya Ingat dan Ketajaman Otak

4. Matikan Sinkronisasi

Jika kamu telah mengatur Dropbox, Facebook atau Google Drive untuk mengunggah foto-foto liburan dari ponsel kamu secara otomatis, matikan sinkronisasi ini di pengaturan untuk mengurangi penggunaan data. Atau, kamu juga bisa menyesuaikan pengaturan di smartphone kamu sehingga foto-foto liburan hanya akan terunggah jika terhubung dengan Wi-Fi.

5. Siapkan Hiburan di Ponsel

Tentunya playlist musik dan film menjadi teman kamu selama di perjalanan. Selain menontonnya langsung, kamu juga bisa menyimpannya langsung di ponsel, sehingga kamu dapat menggunakannya tanpa mengaktifkan roaming atau mencari Wi-Fi.

Tim Pantau
Editor
Nani Suherni
Penulis
Kontributor - NPW
Category
Ekonomi

Berita Terkait: