Forgot Password Register

50 Juta Akun Pengguna Facebook Diretas, Apakah Anda Salah Satu Korbannya?

Facebook (Foto: Pixabay) Facebook (Foto: Pixabay)

Pantau.com Sebanyak lebih dari 50 juta akun Facebook dipastikan telah terkena dampak peretasan. Hal ini diungkap setelah platform tersebut menggandeng FBI untuk menyelidiki.

Baca juga: Gawat! LGBT Serang Grup Facebook

Melansir laman Metro, Sabtu (13/10/2018), peretasan itu dilakukan pada sore hari Selasa, 25 September 2018 lalu, saat ditemukan oleh tim teknis adanya masalah keamanan yang mempengaruhi 50 juta akun.

"Kami menganggap ini sangat serius dan ingin membiarkan semua orang tahu apa yang terjadi dan tindakkan yang segera kami ambil untuk melindungi para pengguna," ungkap salah satu perwakilan Facebook.

Saat diketahui, peretas itu telah berhasil mengakses sebanyak 29 informasi pribadi pengguna baik alamat, nomor telepon, email dan semua hal pribadi yang tersimpan di akun. 

Bahkan 14 juta akun telah diakses informasi yang sangat pribadi diantaranya kampung halaman, tanggal lahir, hingga 10 tempat terakhir yang ia kunjungi hingga 15 pencarian terbaru si pengguna.

Layanan media sosial itu berencana akan mengirim pemberitahuan ke orang-orang yang akunnya telah mengalami peretasan, dan memberitahu aplikasi pihak ketiga seperti Instagram dan WhatsApp tidak terpengaruh peretasan.

Beberapa hal utama yang harus dilakukan terhadap akun yang mengalami peretasan yakni mengatur ulang kata sandi dan email yang digunakan saat log in.

Baca juga: Facebook Balas Surat Kominfo Soal Peretasan 50 Juta Pengguna

Sementara itu, bagi akunnya yang mengalami kesulitan log in, maka segera melaporkannya ke pusat bantuan Facebook.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More