Pantau Flash
Rp54 Juta dan 2.600 Dolar AS Disita KPK dari Rumdin Bupati Lampung Utara
Pasca Diserang, Raja Salman Sepakat Tambah Pasukan Militer AS
Juarai F1 GP Jepang, Bottas Antar Mercedes Kunci Gelar Juara Konstruktor
7 Paus Ditemukan Mati Terdampar di Pantai Nusa Tenggara Timur
Tampil Lawan Norwegia Semalam, Sergio Ramos Pecahkan Rekor Lampaui Casillas

5000 Personel Gabungan Dikerahkan untuk Amankan Debat Pilpres Ketiga

5000 Personel Gabungan Dikerahkan untuk Amankan Debat Pilpres Ketiga Ilustrasi pengamanan (Foto: Pantau.com/Fery Heryadi)

Pantau.com - Jelang perhelatan debat pilpres ketiga yang rencananya akan berlangsung pada Minggu, 17 Maret 2019, Polda Metro Jaya telah menyiapkan sekitar 5.000 personel gabungan TNI-Polri dan dari Pemprov DKI Jakarta untuk mengamankan jalannya acara tersebut.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan penentuan jumlah personel berdasarkan hasil rapat yang dilakukan pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) beberapa waktu lalu.

"Kita sudah rapat dengan KPU dan kita diberi kewenangan memberi keamanan debat cawapres ketiga. Kegiatan tetap di Hotel Sultan, personel kita libatkan 5 ribu personel gabungan TNI-Polri dan pemda," ucap Argo di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (15/3/2019).

Baca juga: Jika Terpilih, Prabowo Janji Kembalikan Tanah HGU di Kalimantan

Selain itu, dalam pengamanan nantinya para personel akan disebar menjadi tiga lapis (ring). Pada ring satu, merupakan tempat debat berlangsung dan diamankan Paspampres. 

Sedangkan, untuk ring dua dan tiga akan diamankan oleh personel gabungan yang tersebar di beberapa titik.

"Kita ada beberapa lokasi namanya ring 1 di tempat jalannya debat nanti kita amankan dan kita tempatkan alat sebagai pendeteksi, kan ada pendukung calon nanti ada id card yang siapa saja yang boleh masuk ke aula debat," papar Argo.

Baca juga: TKN Sebut OTT Romahurmuziy Bukti Pemerintah Tak Intervensi Hukum

Sementara, mengenai pengamanan pada arus lalu lintas, Argo menyebut saat ini belum bisa ditentukan lantaran hal itu dapat dilakukan secara situasional.

Debat ketiga akan digelar pada 17 Maret 2019. Debat itu akan berlangsung di Hotel Sultan, Jakarta.

Debat ketiga ini dengan tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan kebudayaan akan digelar pada 17 Maret 2019 dan hanya diikuti oleh kandidat cawapres. 

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Adryan Novandia
Reporter
Rizky Adytia Pramana
Category
Nasional

Berita Terkait: