Pantau Flash
Winger Chelsea Gabung Inter Milan dengan Status Pinjaman
Menhub Minta Tarif Garuda Bisa Dijangkau Masyarakat
Waspada Virus Korona, Pemerintah Tutup Penerbangan Rute Wuhan China
Soal Virus Korona, Jokowi Perintahkan Pengawasan Diperketat
Ducati Resmi Luncurkan Desmosedici GP20

6 Cara Penting untuk Mempertahankan Kesehatan Jantung Anda

6 Cara Penting untuk Mempertahankan Kesehatan Jantung Anda Ilustrasi Penyakit Jantung. (Foto: iStock)

Pantau.com - Jantung merupakan organ berotot paling penting karena terlibat dalam salah satu tugas utama tubuh yaitu memompa darah ke seluruh tubuh. Menderita stres, kolesterol tinggi, dan kurang olahraga dapat menurunkan kehidupan jantung. 

Cara Mempertahankan Kesehatan Jantung

Tidak ada jalan pintas untuk mendapatkan jantung yang sehat dalam sehari. Namun, ada beberapa metode sederhana di bawah ini, di mana seseorang dapat memperkuat otot jantung mereka dan hidup lama serta sehat. 

Baca juga: Studi: Orang yang Optimis Miliki Jantung Lebih Sehat 

aktivitas fisik

Ilustrasi (Pixabay)

1. Aktivitas fisik

Dilansir Boldsky, ketidakaktifan fisik menyebabkan berbagai penyakit kronis seperti diabetes, obesitas, dan penyakit kardiovaskular. Menurut sebuah penelitian, aktivitas fisik adalah penyebab utama penyakit yang berhubungan dengan jantung, dan dapat menyebabkan jumlah kematian prematur maksimum. Studi ini juga mengatakan bahwa orang memiliki aktivitas fisik untuk jangka waktu yang lebih lama berisiko lebih rendah terkena penyakit kardiovaskular. Karena itu, disarankan untuk tetap aktif dan terus bergerak.

2. Kurangi lemak perut

Menurut sebuah penelitian, akumulasi yang lebih besar dari jaringan adiposa visceral (PPN) dan jaringan adiposa subkutan perut (SAT) relatif terkait dengan beberapa penyakit kardio. Pengurangan dua volume lemak utama ini mengurangi risiko penyakit terkait jantung dan membantu seseorang meningkatkan kualitas hidupnya.

3. Berolahraga setiap hari

Ada berbagai bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa olahraga sehari-hari sangat penting untuk mengurangi risiko penyakit berbasis jantung dan tingkat kematian dari kondisi tersebut. Seseorang yang berolahraga setiap hari memiliki profil lipoprotein plasma yang lebih baik, sensitivitas insulin tinggi, dan tekanan darah normal. Bahkan olahraga ringan setiap hari sangat efektif dalam mengurangi risiko penyakit pembuluh darah. 

Baca juga: Hai Girls, Yuk Kenali Gejala Penyakit dan Serangan Jantung 

berhenti merokok

Ilustrasi (Pixabay)

4. Berhenti merokok

Rokok mengandung nikotin yang bila dikonsumsi dapat menaikkan tekanan darah dan detak jantung tubuh. Ini lebih lanjut mengarah pada peningkatan permintaan oksigen oleh jantung dan penurunan kapasitas pembawa oksigen darah, menyebabkan seseorang mengalami vasokonstriksi koroner. Namun, berhenti merokok membalikkan risiko kondisi tersebut.

5. Perhatikan waktu tidur Anda

Mempertahankan waktu tidur sangat penting untuk mencegah risiko penyakit jantung. Menurut penelitian di Kabupaten Alameda, orang yang tidur kurang dari 4 jam tiga kali lebih rentan terkena penyakit jantung dibandingkan orang yang tidur 8 jam. Juga, kurang tidur menyebabkan BP tinggi, kelelahan, dan peningkatan denyut jantung yang berkontribusi terhadap penyakit kardio.

6. Pilih makanan yang sehat

Nutrisi memainkan peran penting dalam mencegah penyakit kardiovaskular. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Asosiasi Jantung Israel dan Asosiasi Diet Israel, informasi nutrisi untuk jantung yang sehat harus dalam 3 bagian: pola diet (karbohidrat rendah, rendah lemak atau diet Mediterania), preferensi makanan individu (sayuran, buah-buahan, kopi, produk susu, dan sebagainya, dan suplemen gizi (minyak ikan, vitamin D, antioksidan).

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Kontributor - SIG
Category
Ragam

Berita Terkait: