Pantau Flash
Sesmenpora: Tidak Mungkin Indonesia Juara Umum Sea Games
Parah! Oknum Satpol PP Bobol Bank DKI Sejak Mei dengan Kerugian Rp32 Miliar
Indonesia Alami 3271 Kali Bencana Alam Selama Tahun 2019
Gali Septic Tank, Buruh Bangunan di Papua Temukan Ratusan Amunisi Artileri
Catat! Ada Denda Rp300 Ribu Jika Anda ‘Ngasal’ Kendarai GrabWheels

7 Persiapan Penting yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Traveling

7 Persiapan Penting yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Traveling Tips Traveling. (Foto: shutterstock)

Pantau.com - Liburan menjadi salah satu aktifitas yang sangat menyenangkan bagi semua orang. Selain itu, berlibur juga memiliki banyak manfaat, di antaranya dapat menambah wawasan, menambah teman, dan tentu saja membuat pikiran menjadi lebih fresh.

Bagi orang yang sering melakukan perjalanan, mungkin mereka sudah tidak bingung dengan apa saja yang harus dipersiapkan sebelum berlibur, namun bagi kamu yang baru ingin memulai, pasti ada kebingungan, apalagi jika kamu akan berlibur sendirian.

Untuk menambah pengetahuan kamu tentang perencanaan liburan, berikut 7 hal yang perlu kamu persiapkan sebelum melakukan perjalanan agar lebih menyenangkan.

Baca Juga: 5 Tips Kelola Budget Traveling Agar Tak Bengkak

1. Rencanakan Waktu Kepergian


Pilih Tanggal. (Foto: Ist)

Berburu tiket pesawat murah seringkali membuat kamu harus memesan waktu perjalanan di tanggal yang belum direncanakan sebelumnya. Periksa tanggal keberangkatan sebelum kamu membeli untuk memastikan bahwa kamu dapat berpergian di waktu tersebut, karena tiket pesawat promo biasanya tidak dapat dikembalikan.

2. Pilih Hari yang Tepat


Pilih Hari. (Foto: istock)

Mungkin banyak dari konsumen yang belum menyadarinya, tapi perbedaan satu hari saja dapat memberikan pengaruh yang signifikan pada harga tiket pesawat. Hindari bepergian pada akhir pekan karena tiket pesawat cenderung lebih mahal dan bandara juga lebih penuh bila dibandingkan dengan hari biasa.

3. Bandingkan Opsi Maskapai


Pilihan Maskapai. (Foto: istock)

Banyak maskapai penerbangan di Indonesia yang menawarkan promosi pada periode tertentu, terutama pada rute yang populer seperti Jakarta atau Bali. Periksa mesin pencari perjalanan online untuk membandingkan maskapai yang tersedia dan harga termurah yang mereka tawarkan.

Baca Juga: Hati-hati... 5 Negara Ini Bahaya Banget Buat Cewek Solo Traveling

4. Rencanakan Jadwal Liburan


Itinerary. (Foto: shutterstock)

Buatlah daftar berisi tempat-tempat yang ingin kamu kunjungi di destinasi tujuan. Lakukan penelitian terlebih dahulu sebelum berangkat agar kamu tidak melewatkan obyek wisata terkenal hanya karena kurang perencanaan. Penelitian kecil-kecilan ini juga akan menentukan panjangnya durasi masa inap kamu sebelum membeli tiket pesawat.

5. Persiapkan Pilihan Transportasi


Transportasi. (Foto: Ist)

Mendapatkan tiket pesawat bukan berarti perencanaan liburan kamu sudah selesai. Kamu juga harus memikirkan tentang opsi transportasi darat di destinasi tujuan. Hal ini terutama berlaku di tempat-tempat yang hanya memiliki pilihan transportasi umum terbatas.

6. Pesan Penginapan


Booking Hotel. (Foto: Ist)

Lakukan riset dengan baik dan pesanlah akomodasi lebih awal untuk menghindari adanya kekecewaan dan keluhan. Jika bepergian dalam grup, kamu bisa menghemat anggaran dengan memesan vila secara online dibandingkan dengan memesan kamar hotel untuk masing-masing orang. Ini juga akan membuat pengalaman liburan kamu lebih berkesan.

7. Siapkan Uang Tunai


Ilustrasi. (Foto: travelingyuk)

Tidak semua tempat menerima kartu kredit, apalagi di tempat tujuan wisata yang belum banyak dikenal. Karena itu, kamu perlu berhati-hati dalam mengatur anggaran liburan dan mempersiapkan uang tunai yang cukup untuk keperluan makanan, belanja, serta transportasi kamu selama berlibur.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Kontributor - NPW
Category
Ragam

Berita Terkait: