Forgot Password Register

8 Cara Lindungi Mata Bagi Kamu yang Bekerja di Depan Komputer

Ilustrasi bekerja di depan komputer. (Foto: Pxhere) Ilustrasi bekerja di depan komputer. (Foto: Pxhere)

Pantau.com - Apakah kamu seseorang yang setiap hari bekerja didepan layar komputer ataupun sejenisnya? Jika benar, kamu harus tahu bahwa rutinitas itu bisa memberi dampak yang cukup serius pada kesehatan emosional dan fisik.

Jika kamu tidak bisa menghindari kebiasaan atau tuntutan pekerjaan untuk berlama-lama menatap layar komputer, kamu harus tahu cara untuk melindungi mata kita.

Menurut American Optometric Association (AOA), sindrom penglihatan komputer terjadi sebagai akibat dari menatap layar (komputer, iPad, telepon, dll.) Untuk waktu yang lama. Ini melibatkan ketegangan mata yang serius dan ketidaknyamanan, nyeri kepala dan leher.

Baca juga: Hati-hati, Makan Terlalu Cepat Bikin Umur Kamu 'Pendek'

Meskipun belum ada data pasti berapa banyak orang yang benar-benar memiliki kondisi ini, laporan tahun 2014 tentang subjek tersebut memperkirakan bahwa antara 45 dan 70 juta orang menghabiskan terlalu banyak waktu melihat layar, dan mungkin sangat berisiko untuk mengembangkan sindrom tersebut.

Berikut adalah delapan cara untuk melindungi mata dari layar, bahkan jika Kamu harus menatapnya sepanjang hari seperti dilansir dari elitedaily.com.

1. Ikuti aturan '20-20-20'

Menurut AOA, aturan "20-20-20" adalah cara yang bagus untuk menghilangkan ketegangan mata. Setiap 20 menit, arahkan pandangan Kamu ke sesuatu yang berjarak setidaknya 20 kaki dari Kamu, lakukan ini setidaknya selama 20 detik. Cara ini akan memaksa mata Kamu untuk beralih dari persepsi jarak pendek ke jarak jauh, yang akan memungkinkan mata untuk bersantai setelah menatap layar komputer.

2. Hindari refleksi cahaya pada layar

Saat menatap layar komputer Kamu, pastikan posisinya untuk tidak memungkinkan terjadi refleksi sinar atau cahaya. Hal itu akan sangat mengganggu mata.

Menggeser layar satu inci ke kiri atau ke kanan bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi ketegangan pada mata. 

Baca juga: Apakah Nasi Goreng Termasuk Menu Sarapan Sehat?

3. Gunakan kacamata anti radiasi

Kacamata komputer adalah kacamata biasa yang memiliki warna tambahan anti-silau yang tertanam di dalamnya, serupa dengan lensa terpolarisasi. Menurut All About Vision, jenis kacamata ini umumnya memiliki sekitar 60 persen kekuatan pembesar dari kacamata baca," meskipun Kamu harus mempertimbangkan hal-hal seperti seberapa dekat atau jauh posisi Kamu ke layar.

Namun sebaiknya Kamu beronsultasi terlebih dahulu dengan dokter, Kamu harus pergi ke spesialis perawatan mata untuk melihat apa yang tepat untuk Kamu.

4. Beri jarak pandang yang tepat

Pastikan memberi jarak pandang setidaknya sepanjang lengan ketika Kamu sedang menatap layar apapun. Mungkin selama ini kita tidak sadar saat menatap layar dengan jarak yang terlalu dekat sangatlah tidak baik.

5. Jangan lupa berkedip

Mungkin terdengar konyol, tapi ini sangat penting untuk diketahui. Menurut The Atlantic, Kamu benar-benar bisa lupa berkedip ketika sedang menatap layar untuk jangka waktu yang lama.

6. Gunakan pelindung layar 

Gunakan pelindung layar cahaya biru akan membantu menjaga sinar UV yang berbahaya, sehingga mengurangi ketegangan dan ketidaknyamanan yang terjadi ketika melihat layar sepanjang hari. Namun cara ini tidak berlaku pada ponsel Kamu.

7. Minimalisir penggunaan komputer dan sejenisnya

Cara paling memungkinkan sekaligus berat sebenarnya. Mungkin Kamu harus mencoba untuk seharian tanpa gadget meski akan terasa berat dilakukan di era digital ini. Tapi bukan berarti hal itu tidak mungkin dilakukan karena beberapa orang sudah mulai mencoba membiasakan sehari tanpa gadget.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More