Forgot Password Register

80 WNI Diusir dari Malaysia

80 WNI Diusir dari Malaysia Bendera Malaysia (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Pemerintah Malaysia mengusir 80 warga negara Indonesia (WNI) ke Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara karena tidak memiliki dokumen sah sebagai pekerja asing.

Kepala Unit Tempat Pemeriksaan Imigrasi Pelabuhan Internasional Tunon Taka Kabupaten Nunukan, Nasution mengatakan WNI yang dipulangkan lantaran terjerat tiga kasus.

Baca juga: Anwar Ibrahim Sebut Penangkapan Najib Razak Tak Bermuatan Politik

Ketiga kasus yang dimaksudkan adalah paspor yang dimiliki telah melampaui waktu tinggal, narkotika, dan ilegal atau masuk negara itu tanpa paspor. Jumlah WNI yang diusir sebanyak 80 orang terdiri 65 laki-laki dan 15 perempuan.

"Mereka (WNI) ini telah menjalani hukuman selama berbulan-bulan di Pusat Tahanan Sementara (PTS) Air Panas Tawau Negeri Sabah," kata Nasution di Nunukan, Kamis (5/7/2018).

Kedatangan WNI ini di Pelabuhan Internasional Tunon Taka dengan menumpang kapal angkutan resmi Nunukan Ekspres sekira pukul 17.00 WITA dengan dijemput petugas imigrasi, kepolisian, TNI, dan Kesehatan Pelabuhan.

Baca juga: Najib Razak Bebas Usai Mendapat Jaminan 1 Juta Ringgit Malaysia

Puluhan WNI langsung diarahkan ke x-ray bea cukai untuk dilakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan. Selanjutnya di data oleh aparat kepolisian dan imigrasi sebelum diserahkan kepada BP3TKI Nunukan.

Pengusiran WNI tersebut berdasarkan surat Konsulat RI Tawau Nomor 612/Kons/VII/2018 menindaklanjuti surat Imigrasi Malaysia Nomor IM.101/S-TWU/E/US/1130-6/2018(16) tertanggal 2 Juli 2018.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More