Forgot Password Register

9 Anak Jalanan Indonesia Siap Berlaga di Piala Dunia

9 Anak Jalanan Indonesia Siap Berlaga di Piala Dunia Anies Baswedan bersama Tim Garuda Baru. (Foto: Istimewa)

Pantau.com - Indonesia kembali mengirimkan wakilnya di ajang Piala Dunia Anak Jalanan (Street Child World Cup) 2018 di Moskow, Rusia pada 10-18 Mei mendatang. Sembilan anak jalanan dengan talenta luar biasa akan tergabung dalam Tim Garuda Baru.

Tim Garuda Baru akan menghadapi 24 tim nasional dari 21 negara di seluruh dunia pada Street Child World Cup (SCWC) 2018.

Ketua Yayasan Transmuda Energy Nusantara (TEN), Mahir Bayasut, mengungkapkan lewat SCWC ini anak-anak jalanan tidak hanya bisa menyalurkan kegemaran mereka bermain sepak bola, melainkan juga memiliki pengalaman baru serta berkesempatan mewujudkan cita-cita.

“Melalui SCWC anak-anak jalanan mampu menyuarakan hak-hak mereka pada proses konferensi anak di saat acara berlangsung. Mereka bisa berteman dengan anak-anak dari negara lain dan saling berbagi cerita dan pengalaman hidup, yang menjadi sumber inspirasi dan cerita bagi anak-anak lain yang masih mengalami keterbatasan sosial ekonomi untuk berani mengejar cita-cita,” ujar Mahir, sebagaimana dilansir dari rilis yang diterima Pantau.com

Tim Garuda Baru sebelumnya telah menjalani tiga tahapan seleksi dan serangkaian pelatihan selama 8 bulan terakhir. Tim Garuda Baru juga harus menjalani masa karantina di PUSDIKLAT SAG Megamendung, Bogor, 30 April hingga 6 Mei 2018.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyambut optimistis keberangkatan Tim Garuda Baru. Dukungan ini ia sampaikan saat tatap muka dengan Tim Garuda Baru di Balai Kota, Senin kemarin.

“Kegiatan ini sangat positif dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mendukung penuh keberangkatan Garuda Baru ke SCWC. Garuda Baru bukan hanya menjadi wadah anak jalanan untuk berkreasi tapi juga menyalurkan bakat mereka hingga ke Rusia. Ini sangat membanggakan. Selain itu, melalui Garuda baru juga mereka mendapat pendidikan yang baik, bisa mandiri dan punya karakter (akhlaknya),” tutur Anies.

Tim Garuda Baru rencananya akan tiba di Rusia pada Kamis, 10 Mei 2018. Sementara pengundian grup akan dilakukan pada Jumat, 11 Mei 2018.

Negara yang ambil bagian dalam SCWC 2018 ini antara lain Belarus, Bolivia, Brazil, Burundi, Canada, Mesir, Inggris, India, Indonesia, Kenya, Liberia, Mauritius, Mexico, Nepal, Uzbekistan, Russia, Pakistan, Filipina, Tanzania, Tajikistan, Amerika.

Pada SCWC 2014 di Brazil, Timnas Putra Garuda Baru berhasil keluar sebagai juara grup mengalahkan Mesir, Brazil, Liberia dan Afrika Selatan. Tim Garuda Baru juga mendapat penghargaan sebagai "Best Tim Spirit Award". 

Share :
Komentar :

Terkait

Read More