Pantau Flash
Korsel Kucurkan USD74 Juta Garap Sistem Antidrone Antisipasi Ulah Korut
Menteri Energi Arab Saudi Targetkan Produksi Minyak Pulih Akhir September
Hindari Asap Karhutla, Satwa Liar Banyak Masuk ke Permukiman Warga
Karhutla di Indonesia Diprediksi hingga Akhir September
Data: Tren Penggunaan Robot pada Industri Indonesia Naik

Abdul Manaf dan Pri Pambudi Teguh Ditetapkan Jadi Hakim Agung oleh Komisi III

Abdul Manaf dan Pri Pambudi Teguh Ditetapkan Jadi Hakim Agung oleh Komisi III Komisi 3 DPR Sahkan Hakim Agung (Foto: Pantau.com/Bagaskara Isdiansyah)

Pantau.com - Komisi III di DPR RI secara aklamasi menyetujui dua nama hakim agung usulan Komisi Yudisial yakni Abdul Manaf dan Pri Pambudi Teguh melalui rapat pleno menindaklanjuti hasil uji kepatutan dan kelayakan terhadap dua calon hakim agung.

Untuk diketahui rapat pleno ini dipimpin langsung oleh Wakil Ketua Komisi III Desmond Mahesa dan dikuti oleh beberapa anggota seperti Taufiqulhadi dari Fraksi NasDem, Sufmi Ahmad Dasco dari Fraksi Gerindra.

Baca juga: Buronan Korupsi Tol JORR Rp1,05 Triliun Ditangkap Jaksa

Desmond menjelaskan, dua Hakim Agung terpilih secara aklamasi atas dasar persetujuan dari 10 fraksi yang ada di DPR RI. Nantinya masing-masing hakim akan mengisi kamar agama dan perdata.

"10 fraksi sepakat untuk memilih saudara Abdul Manaf di kamar agama dan saudara Pri Pambudi Teguh di kamar perdata," tuturnya.

Baca juga: Istri Bos Abu Tours Ditetapkan Sebagai Tersangka

Nantinya kedua hakim agung yang terpilih ini akan disahkan dalam rapat paripurna terdekat yang akan digelar.

"Dengan demikian rapat ini sudah mempertegas dua hakim agung secara aklamasi kita pilih dan akan kita putuskan ke Rapur," cetusnya.

Sekadar informasi sebelumnya pada Selasa 10 Juli 2018 dua Hakim Agung usulan Komisi Yudisial menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di Komisi III DPR RI. Keduanya lalu dinyatakan lolos dan bisa melewati ujian Komisi III DPR RI.

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Adryan Novandia
Reporter
Bagaskara Isdiansyah
Category
Nasional