Forgot Password Register

Abraham Samad Sebut Korupsi Merusak Mental dan Budaya

Abraham Samad Sebut Korupsi Merusak Mental dan Budaya Abraham Samad (Foto: Instagram/abrahamsamd_)

Pantau.com - Maraknya korupsi di Tanah Air, membuat Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Abraham Samad prihatin. 

"Korupsi telah merusak mental dan budaya di masyarakat dan bangsa, " kata Abraham pada sosialisasi Empat Pilar MPR dan "'Roadshow Seminar Motivasi 'Spirit Of Indonesia' Kami Indonesia" di Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) di Manado, Sulawesi Utara, Selasa (22/5/2018).

Abraham mengemukakan, fenomena korupsi juga terjadi dalam pengelolaan sumber daya alam khususnya pertambangan. Akibatnya potensi sumber daya alam tidak mampu mendongkrak kesejahteraan masyarakat secara maksimal.

"Memprihatinkan karena negara ini kaya raya," kata Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tahun 2011-2015.

Baca juga: Jokowi: Saya Tahu Politik Itu Jahat!

Samad menyoroti banyaknya potensi sumber daya alam di Indonesia, tetapi ironisnya banyak juga penduduknya yang masih miskin. Pada Februari 2018 jumlah orang miskin masih 26,58 juta orang.

"Atau sekitar 11-12 persen. Jumlah orang miskin di Indonesia kurang lebih sama dengan jumlah penduduk Malaysia," katanya.

Dia menyatakan kemiskinan, kerusakan alam, pengangguran serta ketimpangan sosial dan ekonomi adalah dampak korupsi. Samad pun mendorong pemerintah untuk terus mengatasi ujung persoalan tersebut, yakni korupsi.

Menurutnya, yang terjadi adalah fenomena kapitalisme kroni. "Ini harus dihentikan karena menimbulkan ketimpangan, pengangguran, kemiskinan dan sebagainya, " katanya.

Baca juga: KPK Periksa Idrus Marham Terkait Kasus Korupsi Bakamla

Untuk mengatasi persoalan itu maka semua lini harus bergerak dan bebas korupsi dari urusan yang kecil sekalipun. Caranya harus ada gerakan massif yang melibatkan semua masyarakat. Kampus juga berperan dalam pemberantasan korupsi.

Kalau kampus tak bisa tunjukan budaya bebas korupsi jangan berharap negara bisa bersih dari korupsi. "Di kampus harus bebas dari praktik korupsi mulai dari hal sepele. Misalnya hindari titip absen," katanya.

Abraham Samad yang telah mendeklarasikan sebagai calon presiden (capres) menegaskan jangan berharap negeri ini bebas dari korupsi kalau tidak mulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More