Forgot Password Register

Headlines

Ada 78 Perjanjian Dagang Usai TEI 2018, Indonesia Dapat Untung Apa?

Ada 78 Perjanjian Dagang Usai TEI 2018, Indonesia Dapat Untung Apa? Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita (Foto: Pantau.com/Ratih Prastika)

Pantau.com - Beberapa waktu lalu Indonesia baru saja menggelar Trade Expo Indonesia ke 2018. Setidaknya ada 78 MoU dengan para importir dari 30 negara. Penandatanganan Nota Kesepahaman dilakukan untuk tiga sektor, yaitu investasi, perdagangan, serta pariwisata.

Tapi, Sobat Pantau tau gak sih apa keuntungan bagi Indonesia kalau buat perjanjian perdagangan dengan negara-negara lain? 

Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita memaparkan ada beberapa keuntungan kalau Indonesia melakukan perjanjian perdagangan dengan negara-negara lain. 

1. Bisa Dapat Zero Tarif

Enggar bilang dengan perjanjian ini membuka peluang adanya nol tarif saat melakukan ekspor sehingga produk dari Indonesia harganya bisa bersaing di banyak negara dibandingkan dengan negara-negara yang tidak melakukan perjanjian. 

Baca juga: Yang Besok Mau Belanja, Bedah Harga Pasar Dulu Yuk

"Karena dari sana kita bisa terapkan zero tarif, tarif kita beda. Sekarang kita dibandingkan dengan negara lain yang sudah ada perjanjiannya kita akan kalah, nah ini yang begitu kita atau berbagai dunia usaha di dunia tau mengenai keterbukaan yang kita lakukan," ungkapnya. 

2. Upaya Mengerek Ekspor RI

Enggar menjelaskan pasar adalah dengan membuat perjanjian perdagangan, termasuk trade Expo yang berada di Shanghai. Dia bilang dalam perdagangan perjanjian disana dia tak hanya kunjungan tapi juga bertemu dengan pejabatnya untuk membuat bisnis forum.

"Setiap kita kunjungan, saya nggak mau hanya ketemu dengan pejabatnya saja tapi kita akan buat bisnis forum bahwa bisnis delegasi kemarin di Shanghai jumlah pesertanya membludak dari mereka 190 sekian jumlah total 350 yang itu  yang ikut bisnis forum, kalau kita hanya datang pameran sja, terlalu mahal ongkosnya," ungkapnya.


Share :
Komentar :

Terkait

Read More