Forgot Password Register

Ada Pesan Erdogan kepada Amerika Serikat Terkait Sistem S-400 Rusia

Ada Pesan Erdogan kepada Amerika Serikat Terkait Sistem S-400 Rusia Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. (Foto: Reuters/Umit Bektas)

Pantau.com - Amerika Serikat sepertinya cepat atau lambat akan menghadapi situasi di mana pembelian sistem S-400 Rusia adalah kesepakatan sudah seharusnya terjadi. Hal itu dikatakan oleh Presiden Turki Tayyip Erdogan. 

“Kami selesai dengan S-400. Sama sekali tidak ada pertanyaan untuk melangkah mundur pada S-400. Ini adalah sistem pertahanan, bukan sistem serangan," kata Erdogan, dikutip dari RT, Selasa (21/5/2019).

Baca juga: Turki Tahan Diri Pasca Serangan Pipa Minyak Arab Saudi

Ia menambahkan, pengiriman pertama dari sistem senjata anti-pesawat Rusia diharapkan pada bulan Juli. Selanjutnya, sambung Erdogan, perangkat keras militer Rusia ditawarkan dengan syarat yang sangat menguntungkan dan tanpa ikatan. Bahkan, Turki punya kesempatan bernegosiasi untuk mendapatkan S-500. "Atau bahkan terlibat dalam kemitraan produksi bersama, begitu Rusia menyelesaikan pengembangan dari sistem rudal permukaan-ke-udara seluler terbarunya."

Kesepakatan pertahanan 2,5 miliar dolar dengan Moskow membuat Washington marah, yang mengancam sekutu NATO-nya dengan semua jenis sanksi sementara menawarkan untuk mengganti sistem Rusia dengan baterai Patriot - sebuah wortel Ankara telah enggan untuk menerimanya.

Pada saat yang sama, Washington mengancam akan memblokir pengiriman 100 jet F-35 yang dibeli oleh Turki, dan menghentikan partisipasinya dalam program F-35. Ankara, yang telah menginvestasikan USD1,25 miliar dalam program triliun dolar, adalah mitra vital, yang memproduksi bagian-bagian badan pesawat, roda pendarat, dan tampilan kokpit untuk jet.

Baca juga: Trump-Erdogan Bahas Pembentukan Sistem Pertahanan Rudal Rusia S-400

Turki telah berulang kali mengecam diplomasi koersif Washington, mengatakan bahwa Turki bukanlah "budak" yang menari-nari di AS ketika berbicara tentang melindungi kedaulatan negara. Namun demikian, Erdogan mengatakan dia tidak ragu bahwa jet siluman akan dikirimkan.

"Mereka (AS) mengoper bola di lini tengah sekarang, menunjukkan keengganan. Tapi cepat atau lambat, kita akan menerima F-35. Tidak mengirimkannya bukan pilihan," pungkas Erdogan.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More