Forgot Password Register

Agar Tak Boros, Ini Cara Pas Untuk Millennials Atur Pengeluaran Gaji

Uang Rupiah. (Foto: Pantau.com/Fery Heryadi) Uang Rupiah. (Foto: Pantau.com/Fery Heryadi)

Pantau.com - Gaji kecil tidak menjadi alasan buat anda untuk menabung. Jika berasalan gaji habis untuk makan sepertinya anda perlu memperhitungkan gaya hidup dan kebutuhan pokok yang menjadi problem selama ini. Lalu bagaimana cara membaginya? simak beberapa tips dari Pantau.com

1. Kebutuhan Utama

Jika gaji ada Rp3 juta namun anda hobi beli baju dengan harga Rp500 ribu sepertinya ada harus mulai membuat perhitungan nih. Ingat 70% gaji anda adalah untuk kebutuhan pokok seperti makan, transportasi dan cicilan, sehingga kurang lebih Rp2,1 juta untuk kebutahan itu.

2. Dana Tak Terduga

Sesuai perhitungan, anda masih memiliki uang Rp900 ribu. Maka sisihkan untuk dana tak terduga sebesar 5% yakni Rp150 ribu.

3. Tabungan Awal Bulan

Ini hampir sampir sama dengan dana tak terduga, tapi dana ini tidak boleh diambil berbeda dengan dana tak terduga. Uang ini harus memiliki jangan waktu. Besarannya paling ideal 10% yakni Rp300 ribu. Tapi jika tidak bisa maka 5% juga dinilai cukup.

4. Investasi dan Hiburan

Sisa uang anda masih tersisa kurang lebih Rp300 ribu, dana investasi ini bisa anda lakukan per tiga bulan atau perbulan. Pasalnya beberapa kasus, dana investasi kerap digunakan untuk dana hiburan. Pasalnya hal itu juga memang dibutuhkan untuk menghilangkan kepenatan, oleh sebab itu, ini bisa dilakukan secara berkala bergantian antara dana hiburan dan dana investasi. Semoga langkah ini bisa membantu, ingat rencanakan keuangan anda kedini mungkin.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More