Forgot Password Register

Agar Tak Rugi Bangun Tempat Usaha, Coba Cek Dulu Nih

Agar Tak Rugi Bangun Tempat Usaha, Coba Cek Dulu Nih Pembangunan Jalan Tol (Foto:Pantau.com/Fery Heryadi)

Pantau.com - Selama ini pemerintah berupaya membangun jalan dengan cara memperbanyak jalur layang atau flyover dan underpass. Sebagai calon pengusaha kamu juga perlu memastikan bahwa tempat usaha yang kalian incar tidak akan terkena pembangunan proyek pemerintah,yang bisa mengganggu bisnis kamu atau daerah terlarang untuk berbisnins.

Enggak ada salahnya kamu datang ke beberapa lembaga pemerintahan untuk memastikan hal tersebut.

Baca juga: Usai MoU, PM Tiongkok 'Request' ke Jokowi Soal Jeruk Mandarin

1. Cek Rencana Detail Tata Ruang 

Biasanya pembangunan di masing-masing daerah sudah memiliki cetak biru. Pembahasan ini biasanya sudah dilakukan Pemerintah Daerah atau Pusat, lima tahun sebelumnya. Jika lingkup daerah, kamu bisa memastikan ke Dinas Tata Ruang, sedangkan di wilayah pusat kamu bisa cek ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)

Baca juga: Tetap Eksis, Usaha Camilan 'Jadul' Ini Raup Jutaan Rupiah

2. Cek Wilayah Perizinan


Di setiap daerah sudah ada istilah perizinan satu pintu. Namanya biasa kita kenal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Lingkup paling kecil lembaga ini adalah Kelurahan.

Lembaga ini biasanya mengurus sejumlah kegiatan perekomonian hingga lainnya, sehingga bisa menjadi rekomendasi untuk memastikan wilayah yang anda incar untuk lokasi usaha juga tidak melanggar aturan.


Share :
Komentar :

Terkait

Read More