Forgot Password Register

Agar Tak Stress, Begini Cara Bijak Berikan Angpao Lebaran

Agar Tak Stress, Begini Cara Bijak Berikan Angpao Lebaran Ilustrasi (Foto: Pixybay)

Pantau.com - Selama ini seakan bukan hanya mudik yang menjadi tradisi, memberikan angpao kepada sanak saudara pun seakan menjadi wajib. Hal ini yang kadang menjadi dilema bagi pekerja yang gajinya masih pas-pas-an.

Nah perlu anda tahu, bahwa tradisi angpao yang sudah mendarah daging ini juga memiliki batasan yang pas agar anda tidak merasa tertekan.

1. Pemberian iklas

Ingat, ini bukan zakat atau pajak yang harus wajib anda kasih ke saudara. Sehingga secara hukum anda tidak akan terkena sanksi pidana atau perdata karena tidak memberikan angpao. Jadi pastikan kalau anda memberikan angpao ini atas dasar iklas tanpa ada paksakan dari pihak manapun.

Baca juga: Resmi Dioperasikan, Harga Normal Kereta 'Sleeper' Masih Dihitung Tapi......

2. Semampunya




Lagi-lagi ingat, ini bukan pajak yang sudah ditentukan nominalnya. Jadi berikan angpao sesuai kemampuan kamu. Mampunya memberikan Rp10.000 per anak juga tak jadi masalah. Dari pada kalian malah pusing dan memilih mengambil utang hanya untuk memberikan angpao anda malah jadi tambah susah.

3. Adil dan sesuai

Adil dan sesuai di sini kalian harus mementukan sesuai kebutuhan mereka. Kalau saudara anda masih SD dan SMP ya jangan juga dikasih nominal yang sama. Karena kebutuhan mereka jelas berbeda. Kalau yang SD bisa anda kasih Rp20.000 yang SMP bisa anda kasih Rp30.000, kemudian yang SMP bisa dikasih Rp50.000 dan yang kuliah Rp100.000. Ingat! ini kalau kalian punya uang, sekali lagi jangan memaksakan diri.

Baca juga: Ini Ancaman Kemenkeu untuk Pemda yang Tak Berikan THR

4. Masukkan ke dalam amplop yang sama




Meskipun jumlah nomilanya beda, kalian jangan memperlihatkan terlalu jelas. Jadi masukan uang angpao ke dalam amplop yang sama. Agar tidak salah memberi, kalian perlu menulis nama-nama saudara kalian di bagian penutupnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More