Forgot Password Register

Akankah Tambahan Stok Pengaruhi Harga Telur?

Ilustrasi (Pixabay) Ilustrasi (Pixabay)

Pantau.com -Harga sembako di pasar tradisional masih mengalami gejolak. Salah satunya harga telur ayam terus yang merangkak naik sejak awal Ramadan.

Pengamatan pantau.com di Pasar Gondangdia, harga telur berkisar antara Rp26.000-Rp28.000 per kilo. Harga tersebut meningkat dari sebelumnya di awal Ramadan masih berkisar antara Rp22.000-Rp24.000 perkilo.

"Telur naik terus," ujar salah satu pedagang telur, Gina (32) saat ditemui di Pasar Gondangdia, Jakarta Pusat, Rabu (23/5/2018).

Baca juga: Sering Salah Kaprah, Deretan Produk Ini Asli Indonesia

Sementara harga daging ayam masih cukup tinggi perekor berkisar antara Rp35.000-Rp40.000 ribu. Harga ini masih cukup tinggi pasalnya stok daging ayam dan telur ayam dinilai besar namun tak mempengaruhi stabilitas harga.

"Ini masih tinggi harganya," ujar Ahmad (52) pedagang daging ayam, ditemui di lokasi yang sama. 

Sementara harga daging sapi masih stagnan sejak awal puasa Rp120 ribu. Namun para pedagang memprediksi akan terjadi kenaikan menjelang lebaran Hinga Rp15.000.

"Masih sama harganya kaya awal puasa, paling mau lebaranmya naik bisa sampai Rp15.000," ujar salah satu pedagang sapi.

Baca juga: Terkuak! Ini Alasan Produk China Murah

Padahal sebelumnya, sebelumnya telah diungkapkan Menteri Pertanian Amran Sulaiman yang telah menambah pasokan pangan selama ramadan hingga Idul Fitri akan ditingkatkan hingga 20 persen dari hari-hari biasa.

Hal itu dilakukan sebagai upaya mengantisipasi kenaikan harga komoditas pangan saat hari besar agama.

"Ayam, telur, kami dengar ada kenaikan (harga) sedikit, kami langsung undang mitra produsen, tak ada alasan ini naik karena kita sudah over suplai. Cabai, bawang, daging, telur, minyak goreng, tak ada alasan naik karena stok kita siapkan 20 persen (lebih) dari kebutuhan hari biasa," katanya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More