Forgot Password Register

Aksi 22 Mei Dinilai Berpengaruh pada Investasi Jangka Pendek

Aksi 22 Mei Dinilai Berpengaruh pada Investasi Jangka Pendek Aksi 22 Mei (Foto: Pantau.com/ Anugrah Ali)

Pantau.com - Analis OSO Sekuritas, Sukarno Alatas mengatakan dampak Aksi 22 Mei terhadap market pasar modal dinilai merupakan dampak jangka pendek untuk hari ini saja. 

"Kalau saya lihat, dampaknya bersifat jangka pendek mungkin untuk hari ini aja," ungkapnya kepada Pantau.com, Rabu (22/5/2019).

Tergambarkan pagi ini IHSG bergerak mixed sempat turun 0.54 persen di level terendah 5.918. Sebab menurutnya, saat ini pasar masih wait and see hingga kondisi dinilai sudah cukup kondusif. 

"Investor cenderung wait n see dulu sambil menunggu kondisi ini kembali kondusif," paparnya.

Baca juga: Defisit Transaksi Catat Sejarah, Jokowi: Semua Kok Impar-impor

Pengamat Ekonomi Institute for Development of Economic and Finance (INDEF), Bhima Yudhistira menambahkan resiko politik yang tengah bergejokal membuat persepsi investor menurun terhadap iklim investasi di Indonesia.

"Indikator jangka pendeknya terlihat dri kurs rupiah yang mengalami pelemahan dan IHSG yg terkoreksi sesi pembukaan hari ini. Diperkirakan rupiah bergerak melemah ke range Rp14.500-Rp14.580 per USD. Sedangkan IHSG menurun tipis di 5.900-5.930," katanya. 

Baca juga: RI Ribut Tiket Mahal, Maskapai Dunia Malah Terapkan Kebijakan Ramadhan

Sementara kata dia, adanya gejolak politik yang memanas pasca pengumuman pemenang pilpres juga berpengaruh terhadap outlook ekonomi sepanjang 2019.

"Investor khususnya asing masih lakukan posisi hold atau menahan realisasi investasi langsung," terangnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More