Pantau Flash
Joko Driyono Jalani Sidang Vonis Kasus Perusakan Bukti Pengaturan Skor
Sampah Plastik di Jawa Barat Akan Disulap Jadi Biodiesel
Komisi III DPR Gelar Rapat Pleno Bahas Amnesti Baiq Nuril Hari Ini
Cristiano Ronaldo Bebas dari Dakwaan Kasus Pemerkosaan
Intake Manifold Plastik Diketahui Meleleh, Volvo Tarik 507.353 Kendaraan

Amankah Sahur dengan Menu Mi Instan?

Amankah Sahur dengan Menu Mi Instan? Ilustrasi mi instan. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Mi instan memang kerap menjadi solusi dikala lapar melanda. Selain karena praktis dibuatnya, mi instan juga memiliki rasa yang enak.

Baca juga: Kurang-kurangin Deh Makan Mi Instan, Beneran Berisiko Kanker Lho

Khususnya di bulan Ramadan seperti saat ini, mi instan bisa menjadi salah satu menu yang paling mudah untuk disantap dan dibuat.

Hanya saja masalahnya adalah, apakah sahur dengan mengonsumsi mi instan cukup aman untuk kesehatan? Pasalnya sudah banyak diketahui jika mi instan bukan termasuk makanan yang baik untuk dikonsumsi secara rutin.

Ternyata konsumsi mi instan bisa membuat puasa tidak optimal. Terlebih jika tidak disertai dengan hidangan lain maka hal ini bisa membuat tubuh tak bertenaga saat berpuasa.

"Mi instan itu bahan dasarnya tepung. Jadi sangat mudah dicerna, membuat kita akan cepat lapar kembali. Selain itu juga menggunakan bahan pengawet, tidak bagus untuk kesehatan," kata ahli gizi, Inayah Budiasti.

Selain itu, makanan yang diawetkan seperti mi instan memiliki nutrisi yang rendah. Sehingga disarankan untuk menghindari makanan yang tidak mengandung serat saat sahur.

"Tubuh akan tidak lapar dan lemas, jika kita konsumsi jenis makanan berbahan serat, seperti buah, sayur dan gandum, makanan seperti ini lebih lama tinggal di dalam lambung," ujarnya.

Baca juga: Kisah Susie Saat Divonis Kanker Karena Terlalu Sering Makan Mi Instan

Tapi kabar baiknya adalah, mengonsumsi mi instan saat sahur masih diperbolehkan asalkan memberi tambahan sayur-sayuran di dalamnya, dan tentu saja jangan terlalu sering.

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Gilang K. Candra Respaty
Category
Ragam

Berita Terkait: