Forgot Password Register

Amazon Diperkirakan Akan Alami Iklim Terburuk Dalam Sejarah

Wilayah Amazon dikepung asap akibat pemanasan global. (Foto: Reuters//Paulo Whitaker) Wilayah Amazon dikepung asap akibat pemanasan global. (Foto: Reuters//Paulo Whitaker)

Pantau.com - Studi oleh peneliti dari beberapa universitas termasuk University of Michigan (UM) mengatakan, Amazon akan menghadapi pemanasan yang berkepanjangan yang merupakan dampak dari kemarau bertahun-tahun.

Para peneliti tersebut menggunakan sampel inti dari Lake Limon di ujung barat Amazon Basin di bagian tengah-utara Peru untuk membuat catatan.

Baca juga: Ngakak! Detik-detik Raja Singa Hilang Keseimbangan dan...

Catatan paleohydrological mengidentifikasi 31 masa kering selama 1.400 tahun, rata-rata melipat-gandakan jumlah simulasi model iklim selama rentang waktu yang sama.

Zaman paleolitik berlangsung lebih dri tujuh tahun, sedangkan model iklim dan catatan instrumen mengatakan jika jarang kemarau dirasakan dalam waktu yang lama. Pasalnya, keragaman kemarau di Amazon jauh lebih besar dibandingkan dengan perkiraan saat ini.

Baca juga: Diduga Terlibat 3 Kasus Korupsi, PM Israel Benjamin Netanyahu Diperiksa

"Meskipun kemarau paling lama dalam catatan pengukur hujan ialah satu tahun, catatan iklim paleolitik memperlihatkan kemarau bertahun-tahun, dan bahkan sebagian sampai lebih dari satu dasawrsa, telah terjadi belum terlalu lama ini," kata Jonathan Overpeck, Dekan School for Environment and Sustainability di UM.

"Perubahan iklim hanya membuat dan memprakirakan yang terburuk. Kemarau bertahun-tahun pada masa depan akan lebih panas dan oleh karenanya lebih parah dibandingkan dengan yang terjadi pada masa lalu. Dan dengan bertambahnya penduduk Amazon, hutan kebakaran hutan menjadi ancaman nyata selama masa kemarau."
Share :
Komentar :

Terkait

Read More