Pantau Flash
Sri Mulyani: RI Fokus Konsumsi Domestik Meski Perlambatan Ekonomi Global
Vicky Nitinegoro Ditangkap, Polisi Periksa Liquid Vape Terkait Narkoba
Kapolri Sebut Pelarangan Demonstrasi Agar Negara Tak Kecolongan
4 Hari Lagi, Yahoo Tutup Layanan Group dan Seluruh Konten
Akses Keluar Tol Slipi Arah Gatot Subroto Ditutup karena Isu Demo

Anak Tak Punya Cita-cita? Begini Cara Mengatasinya

Anak Tak Punya Cita-cita? Begini Cara Mengatasinya Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com -  Terkadang, Anda menemukan seorang anak yang mengaku tidak memiliki cita-cita ketika anak-anak lainnya begitu bersemangat membicarakan cita-cita mereka. Mengapa demikian?

"Dia tidak mengenali dirinya sendiri atau diarahkan begitu dan begini oleh orang tuanya," ujar psikolog anak dan remaja Vera Itabiliana Hadiwidjojo di Jakarta, beberapa hari lalu.

Baca juga: Jangan Panik Dulu, Begini Cara Mengatasi Anak Tantrum

Vera mengatakan, saat anak berada dalam kondisi ketika dia sering diarahkan, dia tidak punya tujuan hidup. Orang tua bisa mencoba mengomunikasikan perlahan mengenai apa yang diinginkan oleh anak.

"Kalau anak tidak komunikatif, bisa tanya mungkin ke guru atau temannya. Mungkin, dia cerita pada guru atau temannya," katanya.

Selain itu, orang tua sebaiknya memberikan penjelasan seluas-luasnya tentang berbagai ketrampilan sekaligus pilihan pada anak untuk membantu mengenali keinginan dan bakat mereka.

Baca juga: Generasi Alpha akan Menghadapi Tantangan yang Besar di Masa Depan

"Lakukan sedini mungkin. Misalnya ketika usia 1,5 tahun lagi suka-sukanya explore, semua dipegang. Kalau orang tua terlalu bilang 'jangan', nanti dia enggak ada kesempatan explore," ujar Vera.

Vera menambahkan orang tua perlu membantu anak untuk memilih ketrampilan yang disukainya dan bukan memaksaan pilihan orang tua kepada anak.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Gilang K. Candra Respaty
Category
Ragam

Berita Terkait: