Forgot Password Register

Anda Pengantin Baru yang Galau KPR Rumah? Coba Cek Ini Dulu

Ilustrasi (Pixabay) Ilustrasi (Pixabay)

Pantau.com - Buat kalian pasangan millennials yang baru menikah tapi galau karena jadi 'kontraktor' alias tinggal masih ngontrak. 

Tapi buat kalian yang memang masih bimbang untuk kredit rumah alangkah lebih baiknya cek kesiapan diri dulu. Coba jawab gejala berikut ini apakah anda termasuk salah satunya, jika iya maka tunda dulu tujuan anda untuk memiliki rumah.

Baca juga: Kerap Jadi 'Korban', Daerah Ini Larang CPNS Pindah Hingga 10 Tahun

1. Saran orang tua


Ilustrasi (Pixabay)

Menuruti saran orangtua memang baik, tetapi kalian juga harus bisa menghitung keuangan anda. Beda jika kalian yang sudah dibelikan modal untuk beli rumah ya.

Pastikan anda tidak buru-buru sehingga menghabiskan uang tabungan anda karena ingin memiliki rumah yang masih kredit. Ingat ya disini yang jadi catatan adalah rumah yang anda beli masih menjadi jaminan bank pemberi kredit.

Baca juga: Pengusaha Transportasi Online Dituding Monopolistik, Ini Alasannya

2. Lokasi rumah tak berkembang


Ilustrasi (Pixabay)

Ada beberapa developer memang sengaja membuat rumah di kawasan yang jauh dari pusat perekonomian. Jika anda melihat rumah idaman anda rupanya jauh dari peradaban lebih baik tabung dulu uang anda sehingga anda bisa menemukan lokasi perumahan yang minimal ketika anda tinggalkan masih bisa dikontrakan.

Baca juga: Perang Dagang AS-China Makin Menjadi, Dimana Posisi Indonesia?

3. Sepelekan cicilan


Ilustrasi (Pixabay)

Ingat! utang KPR adalah utang paling lama yang diberikan pihak bank. Tenornya ada yang 10 hingga 20 tahun. Jadi jangan sepelekan lamanya utang anda. Sesuaikan dengan kemampuan keuangan anda sehingga anda tak terlalu berat kedepannya. Atau suatu terjadi dengan keuangan anda, cicilan itu tidak terlalu memberatkan anda.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More