Forgot Password Register

Anggota Exco PSSI Tak Boleh Menghuni Klub

Anggota Exco PSSI Tak Boleh Menghuni Klub Gusti Randa. (Foto: Pantau.com/ Wila Wildayanti)

Pantau.com - Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora), Gatot S Dewa Broto, mengungkapkan setiap anggota Exco PSSI seharusnya tidak boleh terafiliasi dengan klub manapun di kompetisi Tanah Air. Hal ini, menurut Gatot tidak sesuai dengan Statuta FIFA.

Dimana, Statuta FIFA pasal 18 ayat 2 menyatakan, setiap anggota federasi tidak boleh terlibat dalam lembaga lain terkait dengan persepakbolaan. Termasuk di antaranya terkait dalam struktur kepemilikan klub. Pasalnya hal ini dapat merusak kesucian dalam sebuah pertandingan.

"Sebagaimana kita ketahui di Pasal 18 ayat 2 dari statuta FIFA ada larangan dari FIFA bagi anggota federasi untuk memiliki satu atau lebih klub. Tidak disebut masalah saham kepemilikan, kenapa? Walaupun di statuta tidak disebut secara rinci, tapi logikanya kalau orang atau federasi punya kepemilikan saham di satu atau dua klub nanti pengaturan jadwal bisa bermasalah atau ada dugaan seperti itu," kata Gatot saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Sabtu (5/1/2019).

"Bisa saja, meski masih samar-samar, ujung-ujungnya tentang pengatura skor," sambung Gatot singkat.

Baca Juga: Siap-Siap, Bakal Ada Tersangka Baru Kasus Pengaturan Skor

Di sisi lain, salah satu anggota Exco PSSI, Gusti Randa mengakui kemungkinan adanya konflik yang terjadi jika Exco berada dalam struktur klub. Meski, dia mengatakan, di Statuta PSSI tidak melarang anggota Exco untuk berada dalam struktur sebuah klub.

Namun, Gusti pun mengaku siap jika memang diperlukan ada perubahan dalam Statuta PSSI mengenai anggota Exco yang dilarang berada dalam struktur sebuah klub. Hanya saja, dia menjelaskan, pergantian tersebut harus melalui Kongres Tahunan PSSI.

"Kita harus ubah, kita harus revisi. Tapi revisi ini harus melalui kongres nanti (tanggal 20 Januari 2019 di Bali). Kita akan lempar ke voters terlebih dahulu apakah setuju untuk direvisi," timpal Gusti.

Baca Juga: Kasus Pengaturan Skor PSS Sleman vs Madura FC Bakal Dinaikkan ke Penyidikan

Hanya saja, Gusti merasa akan sedikit "percuma" jika Statuta PSSI mengenai anggota Exco yang masuk struktur sebuah klub diubah. Dia merasa, semua kembali lagi ke pribadi masing-masing apakah akan melakukan pengaturan skor atau tidak, terlepas dari status yang disandang.

"Kalau Exco sekarang itu kan yang lebih banyak di Liga 1, tidak ada yang di Liga 3. Semenetara yang lagi disidik itu di Liga 3. Jadi sebenarnya Liga 1 itu belum ada masalah. Sampai saat ini belum ada permasalahan meski owner-nya Exco," papar Gusti.


Share :
Komentar :

Terkait

Read More