Forgot Password Register

Angkasa Pura Antisipasi Lonjakan Penumpang Jelang Hari H Lebaran

Sejumlah penumpang pesawat berada di kawasan Terminal Domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali (Foto:Antara/Fikri Yusuf) Sejumlah penumpang pesawat berada di kawasan Terminal Domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali (Foto:Antara/Fikri Yusuf)

Pantau.com - Hingga hari ketiga jelang lebaran, Angkasa Pura mencatat peningkatan penumpang kurang lebih dua juta penumpang. 

Pada 13 bendara yang dikelola AP I tercatat 5,18 persen kenaikan dibandingkan tahun 2017 dan di 15 bandara AP II naik 14,5 persen. Hal tersebut diungkapkan oleh Deputi Kementerian BUMN Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Konsultan Kementerian BUMN, Gatot Trihargo. 

"Dengan rincian sebanyak 867.660 penumpang terlayani pada 13 bandara yang dikelola AP I naik 5,18% dibanding 2017, dan sebanyak 1.036.166 penumpang terlayani di 15 bandara AP II naik 14,5% dibanding 2017," ujarnya melalui keterangan tertulis, Selasa (12/6/2018).

Baca juga: Waspada! Viral Pegawai Bea Cukai Bongkar Penipuan Lelang Barang Sitaan

Terkait hal tersebut, Kementerian BUMN mempersiapkan terjadinya lonjakan penumpang yang terjadi terutama mendekati Idul Fitri 1439 H.

Lonjakan penumpang akan terus berlanjut hingga menjelang hari H lebaran atau tanggal 15 Juni 2018.

"Untuk itu, Kementerian BUMN akan terus menyoroti dan berkordinasi dengan Angkasa Pura guna memastikan lancarnya pelayanan angkutan lebaran 2018," imbuhnya. 

Untuk diketahui, pertumbuhan penumpang dengan prosentase tertinggi di bandara kelolaan AP I adalah Bandara Frans Kaisiepo Biak sebesar 41% diikuti oleh Bandara Ahmad Yani Semarang (27%), Bandara Adi Soemarmo Surakarta (23,7%), Bandara Adisutjipto Yogyakarta (18%) dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar (13,7%).

Baca juga: Pasca THR Cair, Pembelian Perhiasan Emas Naik 40 Persen

Sementara di bandara kelolaan AP II ada Bandara Banyuwangi yang tumbuh 133,5%, diikuti oleh Bandara Silangit (39,5%), Bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjung Pinang (23,8%), Bandara Internasional Minangkabau Padang (20,4%) dan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang (18,5%). 

"Angkasa Pura tentu sudah memiliki strategi dalam mengantisipasi lonjakan penumpang selama masa angkutan lebaran. Diharapkan persiapan tersebut bisa memberi pelayanan yang baik bagi para penumpang pesawat," pungkasnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More