Pantau Flash
Indonesia Buka Kantor Konsul Kehormatan Pertama di St Christopher dan Navis
Kapten Persija Akui Perubahan Pelatih Pengaruhi Performa Tim
Ada UU Pangan, Pengusaha Tekstil Pertanyakan Kapan Kemunculan UU Sandang
Di Tengah Krisis Boeing, Airbus Malah Tingkatkan Kerja Sama di China
Lebanon Bebaskan Satu Orang yang Dituduh Ingin Ledakkan Bandara Sydney

Anies Pastikan Kesiapan Pemilu di DKI Jakarta dan Kepulauan Seribu

Anies Pastikan Kesiapan Pemilu di DKI Jakarta dan Kepulauan Seribu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Antara)

Pantau.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan beserta jajarannya memastikan kesiapan pemilu di seluruh wilayah Ibu Kota Jakarta, termasuk di Pulau Sabira, Kepulauan Seribu.

“Hari ini adalah hari terakhir, besok ada pilpres-pileg. Saya datang dengan Ketua KPU (Provinsi DKI Jakarta), untuk melihat kesiapan di sini dan kami membantu fasilitasi. Kami tidak terlibat dalam penyelenggaraan, tetapi apa yang menjadi kebutuhan KPUD, kami akan bantu,” kata Anies di Pulau Sabira, Kepulauan Seribu, Selasa (16/4/2019).

Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta Betty Epsilon Idroos menjelaskan, seluruh kebutuhan kelengkapan TPS di Pulau Sabira telah disiapkan dengan baik.

“Alat kelengkapan TPS jam dua siang ini sampai. Kotak, bilik, dan surat suara nanti disimpan di tempat yang aman oleh penduduk di sini untuk kemudian besok pagi dimasukkan ke TPS-TPS," kata Betty.

Baca juga: Bawaslu Temukan 25 Kasus Politik Uang Selama Masa Tenang

Fasilitas yang dipinjamkan semuanya aset daerah, salah satunya Rumah Panggung (Bale Warga) dan PAUD. "Alhamdulillah besok warga Pulau Sabira, pulau terjauh dari Jakarta, mungkin ini lokasi terjauh TPS yang ada di Jakarta, dengan dua TPS, 416 pemilih, semuanya dapat terfasilitasi untuk penggunaan hak pilihnya," kata dia.

Dalam lawatan kali ini, Anies yang didampingi Bupati Kepulauan Seribu Husein Murad serta Ketua TP PKK DKI Jakarta Fery Farhati Ganis melakukan peninjauan ke TPS 06 dan TPS 07 Pulau Sabira.

Pulau Sebira atau Sabira merupakan pulau terluar dan wilayah paling utara dari Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta, yang telah dihuni sejak tahun 1975. Pulau ini memiliki mercusuar yang dibangun di zaman kolonial Belanda tahun 1869 yang dinamakan sebagai Noord Wachter (Penjaga Utara).

Baca juga: KPU Ingatkan Lembaga Survei Patuhi Keputusan MK Soal Quick Count

Warga di pulau ini merupakan bagian dari RW di Kelurahan Pulau Harapan, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara. Penduduk Pulau Sebira berjumlah kurang lebih 500 jiwa yang terdiri atas empat RT dan 170 KK. Pelayanan listrik 24 jam di Pulau Sebira sudah dapat dinikmati sejak awal Januari 2019.

Anies tercatat sebagai Gubernur Provinsi DKI Jakarta kedua yang berkunjung ke Pulau Sebira, setelah tahun 1985 Gubernur DKI Wiyogo Atmodarminto sebagai kepala daerah pertama berkunjung ke Pulau Sabira.

Mantan Wagub DKI Sandiaga Salahuddin Uno tercatat sebagai Wagub DKI pertama yang berkunjung ke Pulau Sabira pada 30 Juli 2018.

Share this Post:
Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Widji Ananta
Penulis
Noor Pratiwi
Category
Nasional

Berita Terkait: