Forgot Password Register

Anwar Ibrahim Sebut Penangkapan Najib Razak Tak Bermuatan Politik

Anwar Ibrahim. (Foto: Reuters/Willy Kurniawan) Anwar Ibrahim. (Foto: Reuters/Willy Kurniawan)

Pantau.com - Mantan wakil Perdana Menteri Anwar Ibrahim menanggapi tuduhan kasus mega korupsi 1MDB yang menjerat mantan PM Najib Razak. Ia menilai hal tersebut bukan sebuah upaya politisasi.

"Saya tak melihat semua itu (penahanan dan pendakwaan Najib Razak) adalah sebuah proses yang bermotif politik" ujarnya saat ditemui dalam acara The ECGL Leadership Forum 2018 di Hotel Fairmont, Jakarta, Rabu (4/7/2018).

Baca juga: Akhirnya, Pemberontak Suriah Siap Laksanakan Tuntutan Rusia Demi Perdamaian

Tokoh oposisi pemerintah Malaysia itu melanjutkan, kasus tersebut diproses sesuai dengan laporan dan fakta dari instansi penegak hukum bahkan hingga Kementerian Kehakiman AS.

"Semua bukti sudah ada, saya tak tahu persis detailnya, tapi sudah banyak laporan fakta yang didapat dari beberapa instansi penegak hukum, bahkan dari Kementerian Kehakiman AS," ungkapnya.

Anwar menambahkan, dirinya mendukung proses yang dilakukan oleh penegak hukum. Menurutnya, putusan status hukumnya diputuskan oleh proses pengadilan.

"Saya adalah pendukung demokrasi dan negara hukum. Hukum itu tidak mengenal status seseorang, apakah dia orang besar atau kecil," katanya.

Baca juga: Sadis! Ibu 92 Tahun Tembak Anaknya Lantaran Tak Terima Dikirim ke Panti Jompo

"Yang memutuskan orang bersalah bukan presiden atau perdana menteri, tapi harus melalui due process dan hukum yang adil," imbuhnya.

Ia berharap melalui proses hukum tersebut Najib Razak mampu memberikan penjelasan atas segala tuduhan korupsi 1MDB. "Beliau harus jawab segala tuduhan yang menimpa dirinya, mulai dari 1MDB dan tuduhan hukum yang lain," ungkapnya

"Segala kecurangan ini tidak dapat lagi berlaku. Namun saya harap, ia diberikan proses hukum yang adil, berdasarkan fakta dan bukti yang ada," pungkasnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More