Forgot Password Register

Apa Jadinya Jika Pecandu Berhenti Minum Alkohol Selama Sebulan?

Apa Jadinya Jika Pecandu Berhenti Minum Alkohol Selama Sebulan? Ilustrasi minuman beralkohol. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Mencoba tidak mengonsumsi minuman beralkohol selama satu bulan saja ternyata bermanfaat jangka panjang untuk kesehatan, menurut studi University of Sussex di Falmer, Inggris. 

Dr. Richard de Visser, seperti dilansir dari Medical News Today, Rabu, mengungkapkan bahwa mereka yang ikut serta dalam proyek Dry January pada 2018 (organisasi amal yang mengajak orang mencoba tak meminum alkohol selama sebulan), memiliki berat badan lebih sehat dan tingkat energi lebih tinggi. 

Partisipan studi, yakni sebanyak 816 orang juga merasa cenderung kurang membutuhkan alkohol lagi, setelah beberapa bulan setelah mengikuti proyek. Rata-rata pengurangan konsumsi menurun dari rata-rata 4,3 hari per minggu menjadi 3,3 hari per minggu. 

Selain itu, tingkat minum berlebihan turun dari rata-rata 3,4 kali per bulan menjadi rata-rata 2,1 kali per bulan.

Baca juga: Jangan Terlalu Banyak Minum Alkohol jika Tak Ingin Kematian Menghantui

"Tindakan sederhana berhenti meminum alkohol sebulan membantu orang minum lebih sedikit dalam jangka panjang," catat Dr. de Visser.

"Ada juga manfaat langsung yang cukup besar, sembilan dari 10 orang menghemat uang, tujuh dalam 10 tidur lebih baik dan tiga dari lima berat badannya turun," tambah dia.

Baca juga: Siapa Bilang Alkohol Ampuh Bersihkan Luka?

"Banyak dari kita tahu tentang risiko kesehatan dari alkohol, tujuh bentuk kanker, penyakit hati, masalah kesehatan mental, tetapi kita sering tidak menyadari bahwa lebih sedikit minum juga mendapatkan manfaat langsung juga. Tidur lebih baik, merasa lebih energik, menghemat uang, kulit lebih baik, menurunkan berat badan," kata Dr.Richard Piper, CEO of Alcohol Change UK.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More