Pantau Flash
Produsen Korsel Sudah Incar Lokasi Untuk Pabrik Mobil Listrik di Karawang
The Daddies Melenggang ke Perempatfinal Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2019
Ketua DPRD DKI: 31 Agustus Batas Terakhir Pemprov Urusi Pencari Suaka
Polri Klaim Situasi Papua Barat Kondusif
Kapolda: Kamtibmas Papua Sudah Kondusif dan Aman

Apa Pertimbangan Konsumen Saat Membeli Ponsel Baru

Apa Pertimbangan Konsumen Saat Membeli Ponsel Baru Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Kecepatan kinerja, daya tahan baterai dan kapasitas penyimpanan merupakan faktor penting bagi pembeli ponsel pintar di Indonesia, sebelum mereka menentukan untuk membeli ponsel baru, seperti hasil survei terbaru Google.

Baca juga: Dianggap Membahayakan, Apple Hapus Aplikasi Kontrol Orangtua

"Kecepatan dan daya tahan baterai kini berada di posisi teratas bagi konsumen. Jauh melampaui pertimbangan tentang kamera dan desain eksterior samrtphone," kata Senior Tech and Telco Industry Analysis Google Indonesia, Yudistira Adi Nugroho, di Google Think Telco, beberapa waktu lalu.

Hasil penelitian Google juga memperlihatkan bahwa faktor kapasitas penyimpanan (memory storage) berada di peringkat ketiga dalam pertimbangan konsumen untuk mengganti ponsel pintarnya.

Selain kecepatan kinerja ponsel dalam merespon perintah pengguna, kecepatan koneksi melalui jaringan telekomunikasi (provider) juga menjadi perhatian konsumen. Maka jika merasa tidak puas dnegan kecepatan yang dimilik, konsumen berpeluang berganti provider.

Dari riset yang telah dilakukan, Yudistira memaparkan bahwa proses seseorang untuk membeli smartphone baru, rata-rata memakan waktu 14 hari. Dimulai dari proses mencari informasi di Internet sampai membeli di toko.

Namun dalam proses ini, laman resmi yang dimiliki Produsen Peralatan Asli (OEM( kerap kurang berpengaruh bagi konsumen untuk mengambil keputusan.

Justru yang dapat lebih banyak mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli samrtphone baru adalah video-video ulasan dan komparasi seperti yang banyak terdapat di YouTube.

Walau konsumen telah terbiasa menggali informasi melalui mesin pencari di Internet, Yudustira mengatakan bahwa proses transaksi tetap dilakukan di toko-toko konvensional.

"Orang-orang masih perlu sentuhan personal seperti tahu apakah smartphone barunya tersebut muet di saku, atau proses registrasi SIM card baru," tutut Yudistira.

Kendati riset Google menyebut fitur kamera bukan hal utama bagi konsumen, namun distributor alat telekomunikasi Erajaya menilai kamera masih jadi pertimbangan penting konsumen saat membeli ponsel.

"Mungkin bukan faktor nomor satu, tapi kamera masih jadi faktor penting. Bahkan sempat ada joke tentang Huawei P30, yang disebut beli kamera dapat hape saking bagus kameranya," kata Head of Strategy Erajaya, Steven Sulung.

Pendapat senada diungkap Coorporate Marketing Director Samsung Indonesia, Elvira Jakub.

Baca juga: Review Ponsel Lipat Samsung Galaxy Fold, Masalah Besar Pada Layar

Menurut Elvira, keberadaan kamera yang bagus, khususnya di smartphone level flagship, menjadi pertimbangan penting konsumen karena orang-orang Indonesia semakin banyak yang suka melakukan perjalanan.

Dalam riset Google, fitur kamera berada di posisi ke-12 dalam daftar peringkat pertimbangan konsumen saat membeli smartphone baru.

Share this Post:
Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Gilang K. Candra Respaty
Category
Ragam

Berita Terkait: