Forgot Password Register

Api Penyebab Kebakaran Gedung Kemenhub Berasal dari Ruang CCTV

Gedung Kemenhub (Foto: Pantau.com/Ratih Prastika) Gedung Kemenhub (Foto: Pantau.com/Ratih Prastika)

Pantau.com - Kebakaran di Gedung Kementerian Perhubungan telah berhasil ditangani. Kasie Operasi Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Pusat, Syarifudin mengatakan api berasal dari lantai P1 yang menjalar melalui sab kabel ke atas.

"Muara asap dari P1 menjalar ke atas. Dugaan sementara terkait ini sedang dilakukan penyelidikan kepolisian, ada titik api awalnya ditemukan di P1 di ruang CCTV," ujarnya saat ditemui usai melakukan pemadaman, Minggu sore (8/7/2018).

Baca juga: Cerita Yono Terperangkap di Kebakaran Gedung Kemenhub, Lempar Kertas dari Lantai 18

Ia menuturkan, asap menjulur hingga lantai 25 melalui lorong pipa kabel. "Awalnya di P1 kemudian menjalar melalui sab kabel itu yang dari bawah sampai atas jadi melalui itu jadi yang terbakar kabel itu," katanya.

"Karena dia lewat sab, sab kabel yang lorong itu dia kan dari bawah sampe ke atas enggak tertutup jadi dia sab itu kabel keseluruhan, kabel listrik, kabel AC kan satu jalur satu panel di sab," imbuhnya.

Lebih lanjut pihaknya mengaku sempat kesulitan masuk karena asap sudah memenuhi setiap lantai di gedung Karya Kemenhub. Ia mengaku kendala bukan dari pintu yang terkunci.

Baca juga: Titik Api Kebakaran Gedung Kemenhub Belum Diketahui

"Tim awalnya susah menembus ke atas karena asapnya terlalu pekat. Kalau kita tidak menggunakan breathing apparatus kita tidak bisa nembus ke atas. Bukan karena pintu-pintu yang terkunci, aksesnya kita bisa lewat tangga darurat. Tapi asap menghalangi. Tangga darurat sudah dipenuhi asap. Terhalang oleh itu aja," ungkapnya.

"Tiga korban meninggal yang satu dari lantai 5, 2 orang di lantai 12, (korban selamat) total 20 orang. Pertama 14 orang terus (tambah) 3 orang, dan tambah lagi 3 orang dari lantai 25," jelasnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More