Forgot Password Register

Aprindo: THR dan Gaji ke 13 Dorong Pertumbuhan Konsumsi Indonesia

Aprindo: THR dan Gaji ke 13 Dorong Pertumbuhan Konsumsi Indonesia Masyarakat berbelanja (Foto:Pantau.com/Fery Heryadi)

Pantau.com - Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) optimis pertumbuhan konsumsi tahun ini dapat mencapai 15-20 persen dari tahun sebelumnya.

Ketua Aprindo, Roy Mandey mengatakan hal ini ditopang oleh adanya pembayaran THR dan gaji ke 13.

"THR untuk konsumsi, gaji 13 untuk pendidikan. Karena itu diberikan pada 1 Juli. Itu sangat bantu masyarkat karena tidak memikrikan pengeluaran ruitn sekolah dan sebagainya," ujarnya saat ditemui di Kementerian Perdagangan, Senin (4/6/2018)

Baca juga: Bukan Qatar, Ternyata Ini Negara Terkaya di Dunia

Pihaknya mengaku optimis karena dana yang digelontorkan cukup tinggi. Selain itu, hal ini juga ditopang oleh harga komoditi yang dinilai sudah membaik.

"Itu pasti mendongkrak konsumsi karena pemerintah menggelontorkan hampir Rp35 triliun untuk itu, kemudian harga komoditi kita sudah  membaik, batubara kelapa sawit, 90 dolar per ton untuk batubara," katanya.

"Ketiga kita apresiasi pemerintah bisa tahan inflasi 4 persen plus minus 1 persen  dan ini sangat mendukung maka harga relatif stabil dibnding 3 tahun lalu inflasi masih 7-8 persen," imbuhnya.

Baca juga: Gelar Bazar Ramadan, Mendag Tegur Pengusaha Sembako

Selain itu, penyelenggaraan event-event internasional juga dianggap dapat membantu mendongkrak sektor konsumsi di Indonesia. Ia menilai Pertumbuhan konsumsi harus dijaga karena berpengaruh cukup besar pada produk domestik bruto (PDB).

"Kita optimistis karena banyak perhelatan internasional Asean Games dan IMF-WB jadi beberapa acara ini akan kontribusi ke pemakaian konsumsi baik pangan maupun sandang dan ini akan mendongkrak karna sampai hari ini pengeluaran masih 56 persen kontribusi ke PDB," pungkasnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More